Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Windows 8

Jika Anda pernah mengalami kehilangan file yang penting di laptop Windows 8 Anda, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut. Dalam artikel ini, kami akan memandu Anda melalui beberapa langkah yang mudah untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 8 Anda. Baik itu file dokumen, foto, video, atau file lainnya, kami memiliki solusinya untuk Anda.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa semakin cepat Anda bertindak, semakin besar kemungkinan Anda untuk berhasil mengembalikan file yang terhapus. Jadi, pastikan untuk segera mengambil tindakan setelah Anda menyadari file-file Anda hilang. Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai dengan langkah-langkah cara mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 8.

1. Menggunakan Recycle Bin

Langkah pertama yang harus Anda coba adalah memeriksa Recycle Bin di laptop Anda. Ketika Anda menghapus file, biasanya file tersebut akan masuk ke dalam Recycle Bin terlebih dahulu sebelum akhirnya dihapus secara permanen. Untuk mengembalikan file yang terhapus, cukup buka Recycle Bin dan cari file yang ingin Anda pulihkan. Setelah Anda menemukannya, klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi “Restore” untuk mengembalikannya ke lokasi asal.

Jika Anda tidak dapat menemukan file yang terhapus di Recycle Bin, jangan khawatir. Ada masih beberapa cara lain yang dapat Anda coba untuk mengembalikannya.

2. Menggunakan Fitur File History

Windows 8 dilengkapi dengan fitur File History yang memungkinkan Anda membuat salinan cadangan file secara otomatis. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin mengembalikan file yang terhapus dalam beberapa hari terakhir. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Control Panel di laptop Anda dan cari opsi “File History”.

2. Setelah Anda membuka File History, klik pada opsi “Restore personal files” di sisi kiri jendela.

3. Pilih folder di mana file yang terhapus sebelumnya disimpan. Jika Anda tidak yakin, pilih opsi “Restore all files” untuk mengembalikan semua file yang terhapus.

3. Menggunakan Software Pemulihan Data

Jika kedua cara di atas tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus, Anda dapat mencoba menggunakan software pemulihan data. Ada banyak software pemulihan data yang tersedia secara online, beberapa di antaranya adalah EaseUS Data Recovery Wizard, Recuva, dan MiniTool Power Data Recovery. Setiap software memiliki langkah-langkah yang berbeda, namun umumnya Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal software tersebut, kemudian ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengembalikan file yang terhapus.

Sebaiknya, Anda menginstal software pemulihan data ini di hard disk eksternal atau drive lainnya untuk menghindari risiko menimpa file yang ingin Anda pulihkan.

4. Menggunakan Fitur Restore Previous Versions

Windows 8 juga memiliki fitur “Restore Previous Versions” yang memungkinkan Anda mengembalikan versi sebelumnya dari file yang terhapus. Fitur ini berguna jika Anda telah membuat salinan cadangan (backup) file sebelumnya. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik kanan pada folder yang berisi file yang ingin Anda pulihkan.

2. Pilih opsi “Restore previous versions” dari menu yang muncul.

3. Akan muncul jendela dengan daftar versi sebelumnya dari folder tersebut. Pilih versi yang ingin Anda pulihkan dan klik “Restore” untuk mengembalikannya.

5. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang lebih dalam, Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk mengembalikan file yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + X dan memilih opsi “Command Prompt (Admin)”.

2. Ketik perintah “chkdsk /f” di Command Prompt dan tekan Enter. Perintah ini akan memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada drive Anda.

3. Setelah proses selesai, ketik “Y” dan tekan Enter untuk mengizinkan proses restart.

4. Setelah komputer Anda restart, buka Command Prompt kembali dan ketik “cd\ $Recycle.Bin” diikuti dengan Enter.

5. Ketik “dir” dan tekan Enter untuk melihat daftar file yang terhapus.

6. Terakhir, ketik “copy [nama file] [lokasi penyimpanan baru]” untuk mengembalikan file yang terhapus.

Dalam kesimpulan, meskipun kehilangan file yang penting di laptop Windows 8 bisa sangat menjengkelkan, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikannya. Mulai dari memeriksa Recycle Bin hingga menggunakan fitur-fitur bawaan Windows 8 seperti File History dan Restore Previous Versions, serta menggunakan software pemulihan data atau Command Prompt. Ingatlah untuk segera mengambil tindakan dan tidak menimpa file yang ingin Anda pulihkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari cara mengembalikan file yang terhapus di laptop Windows 8 Anda.