Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Memory Card Tanpa Software

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda secara tidak sengaja menghapus file penting di memory card? Jika iya, maka Anda pasti tahu betapa frustasinya kehilangan file-file berharga seperti foto, video, atau dokumen penting. Namun, jangan khawatir! Anda masih memiliki peluang untuk mengembalikan file-file tersebut tanpa perlu menggunakan software khusus. Artikel ini akan memberikan Anda panduan lengkap tentang cara mengembalikan file yang terhapus di memory card tanpa software.

Sebelum kita mulai, perlu diingat bahwa cara ini hanya berlaku jika Anda belum menulis atau menyimpan file baru di memory card setelah file yang ingin dikembalikan terhapus. Jadi, jika Anda baru saja menyadari bahwa file Anda terhapus, segera hentikan penggunaan memory card tersebut dan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows, Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk mengembalikan file yang terhapus di memory card. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Hubungkan memory card ke komputer Anda menggunakan card reader.2. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketik “cmd” dan tekan Enter.3. Di Command Prompt, ketik “chkdsk” diikuti dengan nama drive memory card dan tipe file systemnya. Contohnya, jika drive memory card Anda adalah E dan menggunakan file system FAT32, maka ketik “chkdsk E: /f”. Tekan Enter untuk menjalankan perintah ini.4. Command Prompt akan memeriksa dan memperbaiki error pada memory card. Setelah selesai, cek kembali memory card Anda untuk melihat apakah file yang terhapus sudah berhasil dikembalikan.

2. Menggunakan Recuva

Jika Anda tidak berhasil mengembalikan file dengan menggunakan Command Prompt, Anda bisa mencoba menggunakan Recuva. Recuva adalah salah satu software yang populer digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh dan instal Recuva dari situs resminya.2. Hubungkan memory card ke komputer menggunakan card reader.3. Buka Recuva dan pilih jenis file yang ingin Anda kembalikan. Jika Anda tidak yakin, pilih opsi “All Files”.4. Pilih lokasi memory card pada bagian “In a specific location” dan klik “Next”.5. Recuva akan melakukan scanning terhadap memory card Anda. Setelah selesai, akan muncul daftar file yang dapat dikembalikan.6. Pilih file yang ingin Anda kembalikan dan klik “Recover”. Pilih lokasi penyimpanan baru untuk file tersebut.7. Tunggu hingga proses selesai dan cek kembali memory card Anda untuk melihat apakah file yang terhapus sudah berhasil dikembalikan.

3. Menggunakan Command Prompt di Mac

Jika Anda menggunakan Mac, Anda dapat menggunakan Terminal (yang mirip dengan Command Prompt di Windows) untuk mengembalikan file yang terhapus di memory card. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Hubungkan memory card ke Mac Anda menggunakan card reader.2. Buka Terminal dengan cara pergi ke Applications > Utilities > Terminal.3. Di Terminal, ketik “diskutil list” untuk melihat daftar disk dan partisi yang terhubung ke Mac Anda. Identifikasi nama disk memory card Anda.4. Setelah mengetahui nama disk memory card, ketik “diskutil unmountDisk /dev/diskX” (gantilah X dengan angka yang sesuai) untuk melepaskan memory card dari Mac.5. Ketik “sudo photorec /dev/diskX” (gantilah X dengan angka yang sesuai) untuk menjalankan software PhotoRec yang akan memulai proses pengambilan file yang terhapus.6. Pilih memory card sebagai lokasi penyimpanan hasil recovery dan tunggu hingga proses selesai.7. Setelah selesai, cek kembali memory card Anda untuk melihat apakah file yang terhapus sudah berhasil dikembalikan.

4. Menggunakan Command Prompt di Linux

Jika Anda menggunakan Linux, Anda juga dapat menggunakan Terminal untuk mengembalikan file yang terhapus di memory card. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Hubungkan memory card ke komputer menggunakan card reader.2. Buka Terminal.3. Di Terminal, ketik “sudo fdisk -l” untuk melihat daftar disk dan partisi yang terhubung ke komputer Anda. Identifikasi nama disk memory card Anda.4. Setelah mengetahui nama disk memory card, ketik “sudo umount /dev/sdX” (gantilah X dengan huruf yang sesuai) untuk melepaskan memory card dari komputer.5. Ketik “sudo photorec /dev/sdX” (gantilah X dengan huruf yang sesuai) untuk menjalankan software PhotoRec yang akan memulai proses pengambilan file yang terhapus.6. Pilih memory card sebagai lokasi penyimpanan hasil recovery dan tunggu hingga proses selesai.7. Setelah selesai, cek kembali memory card Anda untuk melihat apakah file yang terhapus sudah berhasil dikembalikan.

5. Menggunakan Backup

Jika Anda pernah melakukan backup file-file Anda secara rutin, maka mengembalikan file yang terhapus akan menjadi lebih mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Hubungkan memory card ke komputer menggunakan card reader.2. Buka folder backup Anda (misalnya Google Drive, Dropbox, atau hard drive eksternal) dan cari file yang ingin Anda kembalikan.3. Salin file tersebut ke memory card Anda.4. Cek kembali memory card Anda untuk memastikan file yang terhapus sudah berhasil dikembalikan.

Dalam kesimpulan, meskipun kehilangan file yang terhapus di memory card bisa menjadi masalah yang menyebalkan, namun masih ada cara untuk mengembalikannya tanpa perlu menggunakan software khusus. Anda dapat mencoba menggunakan Command Prompt, Recuva, atau menggunakan backup file Anda. Ingatlah untuk selalu melakukan backup secara rutin agar Anda tidak kehilangan file-file berharga.