Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Oppo

Ponsel Oppo telah menjadi salah satu pilihan populer di kalangan pengguna smartphone. Dengan berbagai fitur canggih dan kualitas kamera yang baik, banyak orang menggunakan Oppo untuk mengambil foto, merekam video, dan menyimpan berbagai jenis file penting. Namun, terkadang kita bisa menghapus file yang tidak sengaja dan kehilangan data yang berharga. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara mengembalikan file yang terhapus di Oppo dengan mudah.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, penting untuk diingat bahwa mengembalikan file yang terhapus di Oppo memerlukan perangkat lunak pemulihan data yang handal. Ada banyak perangkat lunak yang tersedia di internet, tetapi kami merekomendasikan untuk menggunakan aplikasi yang terpercaya dan telah terbukti berhasil dalam mengembalikan file yang terhapus. Dengan demikian, Anda dapat meminimalkan risiko kehilangan data lebih lanjut dan memastikan bahwa Anda mendapatkan hasil yang maksimal.

1. Aplikasi Recuva

Aplikasi Recuva adalah salah satu perangkat lunak pemulihan data terbaik yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di Oppo. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, sehingga cocok untuk pengguna pemula. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ini di komputer Anda, lalu menghubungkan ponsel Oppo Anda melalui kabel USB. Setelah itu, ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh aplikasi untuk memulai proses pemulihan.

Recuva akan melakukan pemindaian komprehensif pada ponsel Oppo Anda dan mencari file yang terhapus. Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang ingin Anda kembalikan, lalu klik tombol “Kembalikan”. Aplikasi ini akan mengembalikan file tersebut ke lokasi asalnya di ponsel Oppo Anda.

Meskipun Recuva adalah aplikasi yang handal, tidak ada jaminan bahwa semua file yang terhapus dapat dipulihkan sepenuhnya. Terkadang, beberapa file mungkin rusak atau tidak dapat dipulihkan. Namun, ini masih merupakan solusi yang efektif dan layak untuk mencoba mengembalikan file yang terhapus di Oppo Anda.

2. Aplikasi DiskDigger

Aplikasi DiskDigger adalah alternatif lain yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di Oppo. Aplikasi ini juga memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, serta kompatibel dengan berbagai jenis file, termasuk foto, video, dokumen, dan lainnya. Anda dapat mengunduh aplikasi ini langsung dari Google Play Store dan menginstalnya di ponsel Oppo Anda.

Setelah menginstal DiskDigger, buka aplikasi dan pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan. Kemudian, izinkan aplikasi untuk melakukan pemindaian penuh pada penyimpanan internal atau kartu SD ponsel Oppo Anda. Setelah pemindaian selesai, aplikasi akan menampilkan daftar file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang ingin Anda kembalikan, lalu klik tombol “Kembalikan”. Aplikasi ini akan mengembalikan file tersebut ke penyimpanan ponsel Oppo Anda.

Perlu diingat bahwa untuk menggunakan aplikasi DiskDigger, Anda perlu mengunduh dan menginstalnya langsung di ponsel Oppo Anda. Jika Anda tidak dapat mengakses Google Play Store atau ingin menghindari pengunduhan langsung, Anda dapat mencoba solusi lain seperti menggunakan perangkat lunak pemulihan data di komputer atau menggunakan layanan pemulihan data profesional.

3. Menggunakan Google Drive

Jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi Google Drive di ponsel Oppo Anda sebelum file terhapus, Anda dapat mencoba mengembalikan file tersebut melalui Google Drive. Google Drive menyediakan penyimpanan awan yang dapat menyimpan berbagai jenis file, termasuk foto, video, dokumen, dan lainnya. Untuk menggunakan Google Drive sebagai solusi pemulihan file yang terhapus, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka aplikasi Google Drive di ponsel Oppo Anda.

2. Masuk ke akun Google Anda yang terhubung dengan Google Drive.

3. Cari file yang ingin Anda kembalikan dengan menggunakan fitur pencarian atau melalui folder yang sesuai.

4. Setelah menemukan file yang ingin Anda kembalikan, tekan dan tahan file tersebut.

5. Pilih opsi “Restore” atau “Kembalikan” untuk mengembalikan file tersebut ke penyimpanan ponsel Oppo Anda.

Perlu diingat bahwa solusi ini hanya berlaku jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi Google Drive sebelum file terhapus. Selain itu, jika Anda telah menghapus file dari Google Drive, file tersebut mungkin tidak dapat dipulihkan lagi. Oleh karena itu, penting untuk secara teratur mem-backup file Anda ke Google Drive atau layanan penyimpanan awan lainnya untuk menghindari kehilangan data yang tidak dapat dikembalikan.

4. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin menggunakan perangkat lunak pemulihan data di komputer atau aplikasi yang tersedia di Google Play Store, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Ada banyak aplikasi pemulihan data yang dapat Anda temukan di internet, tetapi pastikan untuk memilih yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna lain.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi pemulihan data pihak ketiga, buka aplikasi tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan. Aplikasi ini akan melakukan pemindaian pada penyimpanan internal atau kartu SD ponsel Oppo Anda, dan kemudian menampilkan daftar file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang ingin Anda kembalikan, lalu ikuti instruksi yang diberikan oleh aplikasi untuk mengembalikan file tersebut ke penyimpanan ponsel Oppo Anda.

Perlu diingat bahwa menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga mungkin memiliki risiko keamanan. Pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan mempertimbangkan risikonya sebelum menggunakan aplikasi ini. Selain itu, penting untuk mencadangkan file Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak dapat dikembalikan.

5. Menghubungi Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika Anda tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus menggunakan solusi-solusi di atas, atau jika file yang terhapus sangat penting, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghubungi layanan pemulihan data profesional. Layanan ini memiliki perangkat keras dan perangkat lunak khusus yang dapat mengembalikan file yang terhapus dari ponsel Oppo Anda, bahkan jika file tersebut telah hilang secara permanen.

Untuk menggunakan layanan pemulihan data profesional, Anda perlu mengirimkan ponsel Oppo Anda ke laboratorium pemulihan data mereka. Mereka akan melakukan pemulihan data dengan menggunakan teknologi canggih dan memberikan hasilnya kepada Anda. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini mungkin mahal dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk proses pemulihan.

Sebagai langkah pencegahan, sangat penting untuk secara teratur melakukan backup file Anda untuk menghindari kehilangan data yang tidak dapat dikembalikan. Anda dapat menggunakan layanan penyimpanan awan seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive, atau menggunakan perangkat keras seperti hard drive atau flash drive eksternal untuk menyimpan file-file penting Anda.

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di Oppo. Mulai dari menggunakan aplikasi Recuva dan DiskDigger, hingga mengandalkan layanan pemulihan data profesional, Anda memiliki beberapa pilihan untuk memulihkan file yang hilang. Ingatlah untuk selalu mem-backup file Anda secara teratur dan menggunakan perangkat lunak atau layanan yang terpercaya untuk menghindari kehilangan data yang lebih lanjut. Dengan menggunakan metode yang tepat, Anda memiliki peluang yang baik untuk mengembalikan file yang terhapus dan memulihkan data yang berharga di ponsel Oppo Anda.

Dalam kesimpulan, mengembalikan file yang terhapus di Oppo membutuhkan pemahaman tentang solusi yang tepat dan perangkat lunak yang handal. Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara yang dapat Anda coba, seperti menggunakan aplikasi Recuva dan DiskDigger, menggunakan Google Drive, menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga, dan menghubungi layanan pemulihan data profesional. Setiap metode memiliki kelebihan dan kelemahan, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tingkat kepentingan file yang terhapus.

Selain itu, penting untuk diingat bahwa mencegah kehilangan data lebih baik daripada mencoba mengembalikannya. Pastikan untuk secara teratur melakukan backup file Anda, baik itu ke penyimpanan awan maupun perangkat keras eksternal. Dengan melakukan backup secara rutin, Anda dapat menjaga keamanan data Anda dan menghindari kerugian yang tidak diinginkan.

Jadi, jika Anda mengalami kehilangan file yang tidak sengaja di ponsel Oppo Anda, jangan panik. Cobalah metode-metode yang telah kami sebutkan di atas dan temukan solusi yang tepat untuk mengembalikan file yang terhapus. Dengan sedikit usaha dan bantuan perangkat lunak yang handal, Anda dapat memulihkan data yang berharga dan melanjutkan menggunakan ponsel Oppo Anda dengan tenang.