Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Recycle Bin Tanpa Software

Apakah Anda pernah menghapus file penting secara tidak sengaja dan kemudian mengosongkan Recycle Bin? Jangan panik! Meskipun file Anda tidak lagi terlihat di Recycle Bin, masih ada cara untuk mengembalikannya tanpa menggunakan software tambahan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengembalikan file yang terhapus di Recycle Bin tanpa perlu menginstal software apa pun.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa metode yang akan dibahas dalam artikel ini hanya berlaku untuk file yang dihapus secara normal dan masih berada di Recycle Bin. Jika Anda telah menghapus file secara permanen atau mengosongkan Recycle Bin, sayangnya tidak ada cara untuk mengembalikannya tanpa menggunakan software khusus. Namun, jika file Anda masih ada di Recycle Bin, berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ikuti:

1. Membuka Recycle Bin

Langkah pertama adalah membuka Recycle Bin. Anda dapat melakukannya dengan mengklik dua kali ikon Recycle Bin di desktop Anda. Setelah itu, jendela Recycle Bin akan terbuka, dan Anda akan melihat daftar file yang dihapus.

Untuk mempermudah pencarian file yang ingin Anda pulihkan, Anda dapat menggunakan fitur pencarian di sudut kanan atas jendela Recycle Bin. Cukup ketikkan nama file atau kata kunci yang terkait, dan Recycle Bin akan menyaring daftar file sesuai dengan hasil pencarian Anda.

Saat Anda telah menemukan file yang ingin Anda pulihkan, klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi “Restore” atau “Kembalikan” dari menu konteks. File akan dikembalikan ke lokasi asalnya sebelum dihapus, dan Anda akan dapat mengaksesnya seperti biasa.

2. Menggunakan Fungsi Drag and Drop

Metode lain yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di Recycle Bin adalah dengan menggunakan fungsi drag and drop. Caranya sangat sederhana. Buka jendela Recycle Bin dan jendela folder tempat Anda ingin mengembalikan file.

Anda dapat membuka folder tersebut di jendela yang sama atau menggunakan jendela baru. Setelah itu, cukup seret file yang ingin Anda pulihkan dari Recycle Bin ke folder tujuan. Jika Anda ingin mengembalikan beberapa file sekaligus, tahan tombol Ctrl saat melakukan seret.

Setelah Anda melepaskan file di folder tujuan, file akan dikembalikan ke lokasi tersebut dan dapat diakses seperti biasa. Pastikan untuk memeriksa folder tujuan setelah Anda melakukan drag and drop untuk memastikan bahwa file-file tersebut telah berhasil dipulihkan.

3. Menggunakan Perintah “Restore” di Menu Konteks

Jika Anda lebih suka menggunakan menu konteks untuk mengembalikan file yang terhapus di Recycle Bin, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Pilih file yang ingin Anda pulihkan di Recycle Bin, klik kanan pada file tersebut, dan pilih opsi “Restore” atau “Kembalikan” dari menu konteks.

File akan dikembalikan ke lokasi asalnya dengan menggunakan metode ini. Anda juga dapat melakukan tindakan ini pada beberapa file sekaligus dengan memilih beberapa file sebelum mengklik kanan dan memilih opsi “Restore” atau “Kembalikan”. Pastikan untuk memeriksa folder asal setelah melakukan perintah ini untuk memastikan bahwa file telah dikembalikan dengan sukses.

4. Menggunakan Fungsi Undelete di Command Prompt

Jika Anda merasa nyaman dengan penggunaan Command Prompt, Anda dapat menggunakan fungsi “undelete” untuk mengembalikan file yang terhapus di Recycle Bin. Cara ini melibatkan penggunaan perintah CMD yang sedikit lebih teknis, tetapi cukup efektif.

Pertama, buka jendela Command Prompt dengan mengetikkan “cmd” di kotak pencarian Windows dan mengklik ikon Command Prompt yang muncul. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah berikut: cd \$Recycle.Bin

Perintah ini akan mengarahkan Anda ke direktori Recycle Bin di drive sistem Anda. Setelah Anda berada di direktori Recycle Bin, ketik perintah berikut untuk melihat daftar file yang dihapus: dir /a

Anda akan melihat daftar file yang dihapus bersama dengan informasi lainnya seperti ukuran file dan tanggal penghapusan. Cari file yang ingin Anda pulihkan dan catat nama file tersebut bersama dengan ekstensinya.

Setelah Anda menemukan file yang ingin Anda pulihkan, ketik perintah berikut: attrib -h -s -r -a namafile.ext (gantilah “namafile.ext” dengan nama file yang ingin Anda pulihkan).

Terakhir, ketik perintah ini untuk mengembalikan file tersebut ke lokasi asalnya: move namafile.ext drive:\path\folder (gantilah “namafile.ext” dengan nama file yang ingin Anda pulihkan, dan “drive:\path\folder” dengan lokasi tujuan file yang dikembalikan).

5. Menggunakan Fungsi Restore Default di Recycle Bin

Jika metode-metode sebelumnya belum berhasil mengembalikan file yang Anda cari, Anda masih memiliki opsi terakhir untuk menggunakan fungsi “Restore Default” di Recycle Bin. Metode ini akan mengembalikan semua file yang dihapus ke lokasi asal mereka sebelum dihapus.

Untuk menggunakan fungsi ini, buka jendela Recycle Bin dan klik kanan di area kosong di dalam jendela tersebut. Pilih opsi “Restore Default” atau “Kembalikan Default” dari menu konteks yang muncul.

Proses ini mungkin memakan waktu tergantung pada jumlah file yang dihapus. Setelah selesai, cek folder asal dari file yang ingin Anda pulihkan untuk memastikan bahwa file-file tersebut telah dikembalikan.

Jadi, jika Anda menghapus file secara tidak sengaja dan ingin mengembalikannya tanpa menggunakan software tambahan, cobalah salah satu metode di atas. Ingatlah untuk segera mengambil tindakan setelah Anda menyadari bahwa file Anda telah terhapus, karena semakin lama Anda menunggu, semakin kecil kemungkinan Anda untuk mengembalikan file tersebut.