Cara Mengembalikan File yang Terhapus di SD Card Lewat PC

Hilangnya file yang penting di SD card bisa terjadi pada siapa saja. Entah karena kesalahan pengguna atau masalah teknis, kehilangan file bisa menjadi momok yang menakutkan. Namun, jangan khawatir! Jika Anda kehilangan file di SD card, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengembalikannya menggunakan komputer. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan file yang terhapus di SD card lewat PC. Simak artikel ini dengan seksama untuk mendapatkan informasi yang Anda butuhkan.

Sebelum kita mulai, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pertama, saat Anda menghapus file di SD card, sebenarnya file tersebut tidak dihapus secara permanen. File hanya ditandai sebagai ruang kosong dan tetap ada di SD card sampai ruang tersebut diisi dengan file yang baru. Oleh karena itu, penting untuk segera mengambil tindakan setelah Anda menyadari bahwa file penting Anda telah terhapus. Kedua, untuk mengembalikan file yang terhapus di SD card, Anda akan memerlukan komputer dengan sistem operasi Windows. Dengan memahami hal-hal ini, mari kita lanjutkan ke langkah-langkah untuk mengembalikan file yang terhapus.

1. Menggunakan Recycle Bin

Jika Anda baru saja menghapus file di SD card dan file tersebut masih ada di Recycle Bin komputer Anda, Anda beruntung! Caranya sangat mudah, cukup buka Recycle Bin, cari file yang ingin Anda kembalikan, klik kanan, dan pilih “Restore”. File akan dikembalikan ke lokasi semula di SD card Anda.

Namun, perlu diingat bahwa jika Anda telah menghapus file dengan menggunakan kombinasi tombol “Shift + Delete” atau mengosongkan Recycle Bin, maka file tidak akan ada di Recycle Bin dan Anda harus mencoba metode lain untuk mengembalikannya.

2. Menggunakan Software Recovery

Jika file yang Anda cari tidak ada di Recycle Bin atau Anda telah melakukan penghapusan permanen, maka Anda perlu menggunakan software recovery untuk mengembalikan file di SD card. Ada banyak software recovery yang tersedia secara gratis atau berbayar. Beberapa software yang direkomendasikan adalah EaseUS Data Recovery Wizard, Recuva, dan DiskDigger. Berikut adalah langkah-langkah umum yang bisa Anda ikuti untuk menggunakan software recovery:

  1. Unduh dan instal software recovery yang Anda pilih pada komputer Anda.
  2. Sambungkan SD card ke komputer menggunakan card reader atau slot SD card.
  3. Buka software recovery dan pilih SD card sebagai lokasi pemulihan.
  4. Biarkan software melakukan pemindaian pada SD card untuk mencari file yang terhapus.
  5. Setelah pemindaian selesai, periksa hasil pemindaian dan temukan file yang ingin Anda pulihkan.
  6. Pilih file yang ingin Anda kembalikan dan lakukan proses pemulihan.
  7. Tentukan lokasi penyimpanan baru untuk file yang dipulihkan, bukan di SD card yang sama untuk menghindari penimpaan file.
  8. Tunggu hingga proses pemulihan selesai dan pastikan file-file yang dipulihkan dapat diakses dengan benar.

Setiap software recovery mungkin memiliki langkah-langkah yang sedikit berbeda, jadi pastikan untuk membaca petunjuk yang disediakan oleh software tersebut.

3. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang lebih, Anda juga dapat menggunakan Command Prompt untuk mengembalikan file yang terhapus di SD card. Berikut adalah langkah-langkah umum yang bisa Anda ikuti:

  1. Sambungkan SD card ke komputer menggunakan card reader atau slot SD card.
  2. Buka Command Prompt dengan cara mengetik “cmd” di kotak pencarian Windows dan pilih “Command Prompt”.
  3. Ketik perintah “chkdsk [drive letter]: /f” di Command Prompt, dengan mengganti [drive letter] dengan huruf drive yang terkait dengan SD card. Misalnya, jika SD card Anda memiliki huruf drive E, maka perintah yang benar adalah “chkdsk E: /f”.
  4. Tunggu hingga proses pemindaian dan perbaikan selesai.
  5. Cek apakah file yang terhapus telah pulih atau tidak.

Perlu diingat bahwa menggunakan Command Prompt memiliki risiko yang lebih tinggi dan bisa merusak data jika tidak dilakukan dengan benar. Sebaiknya lakukan langkah ini dengan hati-hati atau minta bantuan dari ahli jika diperlukan.

4. Menggunakan Backup

Jika Anda sudah memiliki kebiasaan melakukan backup file di SD card secara teratur, maka Anda memiliki peluang besar untuk mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Cukup sambungkan SD card ke komputer, buka folder backup, dan salin file yang ingin Anda pulihkan ke SD card. Pastikan untuk tidak menimpa file-file lain saat melakukan proses ini.

Jika Anda belum memiliki kebiasaan melakukan backup, maka segeralah membuat kebiasaan tersebut setelah Anda berhasil mengembalikan file yang terhapus. Dengan memiliki backup, Anda akan terhindar dari kehilangan file yang berharga di masa depan.

5. Menghindari Kehilangan File di SD Card

Terakhir, untuk menghindari kehilangan file di SD card di masa depan, ada beberapa langkah pencegahan yang bisa Anda lakukan:

  • Buatlah salinan cadangan (backup) file-file penting secara teratur.
  • Hindari menghapus file secara sembarangan dan pastikan Anda memilih file yang benar sebelum menghapusnya.
  • Jaga SD card Anda dari kerusakan fisik atau kontaminasi yang bisa merusak data.
  • Gunakan software antivirus untuk melindungi SD card dari serangan malware.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat meminimalkan risiko kehilangan file di SD card dan menjaga data Anda tetap aman.

Kesimpulan

Kejadian kehilangan file di SD card memang bisa membuat stres. Namun, dengan mengikuti panduan yang telah disampaikan di atas, Anda memiliki kesempatan untuk mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan PC. Jangan terburu-buru dan jangan panik, karena langkah-langkah yang dijelaskan di artikel ini cukup mudah diikuti oleh siapa pun. Jika Anda telah mencoba semua metode yang disarankan namun tidak berhasil mengembalikan file yang hilang, mungkin ada kerusakan lebih lanjut pada SD card Anda dan disarankan untuk menghubungi profesional untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Masih ingat, jangan pernah menyerah begitu saja ketika menghadapi kehilangan file. Selalu ada harapan untuk memulihkan data yang hilang jika Anda melakukan tindakan dengan cepat dan tepat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan dapat membantu Anda mengembalikan file yang berharga di SD card Anda!