Cara Mengembalikan File yang Terhapus di USB

Saat ini, penggunaan USB atau flash drive telah menjadi salah satu cara yang paling umum digunakan untuk menyimpan dan mentransfer data. Namun, seringkali kita menemui masalah ketika file yang berharga atau penting terhapus secara tidak sengaja. Jangan khawatir, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file yang terhapus di USB.

Sebelum kita membahas cara mengembalikan file yang terhapus di USB, penting untuk diingat bahwa langkah-langkah ini mungkin tidak selalu berhasil. Terkadang, file yang terhapus tidak dapat sepenuhnya dikembalikan. Namun, Anda masih memiliki peluang untuk mengembalikan sebagian besar file yang terhapus dengan mengikuti langkah-langkah yang benar.

1. Mencari di Tempat Sampah USB

Langkah pertama yang dapat Anda coba adalah dengan memeriksa apakah file yang terhapus ada di Tempat Sampah USB. Ketika Anda menghapus file di USB, file tersebut sebenarnya tidak langsung terhapus secara permanen. Biasanya, file tersebut akan dipindahkan ke folder Tempat Sampah USB. Jadi, coba buka folder ini dan periksa apakah file yang hilang ada di sana. Jika ada, cukup klik kanan file yang ingin Anda pulihkan, lalu pilih “Kembalikan”. File akan dipulihkan ke lokasi asalnya di USB.

Jika file tidak ada di Tempat Sampah USB, jangan khawatir. Masih ada beberapa langkah lain yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file yang terhapus di USB.

2. Menggunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data

Jika file yang Anda cari tidak ada di Tempat Sampah USB, Anda dapat mencoba menggunakan perangkat lunak pemulihan data. Ada banyak perangkat lunak yang tersedia secara online yang dirancang khusus untuk memulihkan file yang terhapus di USB. Setelah Anda mengunduh dan menginstal perangkat lunak pemulihan data, sambungkan USB ke komputer Anda dan jalankan perangkat lunak tersebut. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh perangkat lunak untuk memulai proses pemulihan. Perangkat lunak ini akan memindai USB Anda untuk mencari file yang terhapus dan memungkinkan Anda untuk memulihkannya.

Perlu diingat bahwa tidak semua perangkat lunak pemulihan data memiliki tingkat keberhasilan yang sama. Beberapa mungkin lebih efektif daripada yang lain dalam mengembalikan file yang terhapus di USB. Pastikan Anda membaca ulasan pengguna sebelum memilih perangkat lunak pemulihan data yang tepat untuk Anda.

3. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda merasa nyaman dengan penggunaan Command Prompt, Anda dapat mencoba menggunakan perintah khusus untuk mengembalikan file yang terhapus di USB. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketik “cmd” dan tekan Enter. Ketik perintah “attrib -h -r -s /s /d F:\*” (ganti F dengan huruf drive USB Anda) dan tekan Enter. Command Prompt akan memulai proses pemulihan file yang terhapus di USB.

Harap diingat bahwa menggunakan Command Prompt memerlukan pengetahuan teknis yang lebih mendalam dan dapat berpotensi merusak file yang ada di USB jika tidak digunakan dengan hati-hati. Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti instruksi dengan cermat atau minta bantuan dari ahli IT jika perlu.

4. Menggunakan Program Pemulihan File yang Dapat Dipercaya

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus di USB, Anda dapat mencoba menggunakan program pemulihan file yang dapat dipercaya. Ada beberapa program pemulihan file yang tersedia secara gratis atau berbayar yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus di USB. Program ini biasanya memiliki antarmuka yang lebih ramah pengguna dan dapat memulihkan berbagai jenis file yang hilang.

Sebelum menggunakan program pemulihan file, pastikan Anda membaca petunjuk penggunaan dengan cermat dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan. Jangan lupa untuk mencadangkan data penting sebelum memulai proses pemulihan, karena ada kemungkinan bahwa file yang ada di USB dapat terhapus selamanya.

5. Menghubungi Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua langkah di atas gagal mengembalikan file yang terhapus di USB, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghubungi layanan pemulihan data profesional. Ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan pemulihan data yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus di USB. Mereka memiliki peralatan dan teknologi khusus yang dapat memulihkan file yang terhapus bahkan dalam kondisi yang sulit.

Namun, perlu diingat bahwa layanan pemulihan data profesional dapat mahal dan memerlukan waktu yang lebih lama untuk memulihkan file. Pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan ini. Selain itu, pastikan Anda memilih penyedia layanan yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik dalam pemulihan data.

Untuk menghindari kehilangan file yang berharga di masa depan, disarankan untuk melakukan backup data secara teratur. Dengan melakukan backup, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus atau hilang tanpa perlu repot mencari cara mengembalikannya.

Jadi, itulah beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file yang terhapus di USB. Ingatlah bahwa tidak ada jaminan 100% bahwa file yang terhapus dapat dikembalikan sepenuhnya. Namun, dengan langkah-langkah yang benar, Anda masih memiliki peluang untuk memulihkan sebagian besar file yang terhapus di USB Anda.