Cara Mengembalikan File yang Terhapus iPhone

Saat menggunakan iPhone, seringkali kita tidak sengaja menghapus file yang penting. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pengguna atau bahkan karena iPhone terkena virus. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di iPhone. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan file yang terhapus dengan mudah dan cepat.

Sebelum kita memulai, penting untuk dicatat bahwa ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemungkinan pemulihan file di iPhone. Jika Anda telah melakukan backup rutin melalui iCloud atau iTunes, kemungkinan besar Anda akan dapat mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Namun, jika Anda tidak memiliki backup, jangan khawatir, masih ada beberapa opsi yang dapat Anda coba.

1. Menggunakan iCloud Backup

Jika Anda telah mengaktifkan fitur iCloud Backup di iPhone Anda, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan di iPhone Anda dan pilih “Pemulihan”.

2. Pilih “Pemulihan dari iCloud Backup” dan masuk menggunakan ID Apple Anda.

3. Pilih backup yang berisi file yang ingin Anda pulihkan.

2. Menggunakan iTunes Backup

Jika Anda telah menggunakan iTunes untuk membuat backup iPhone Anda, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut untuk mengembalikan file yang terhapus:

1. Hubungkan iPhone Anda ke komputer menggunakan kabel USB.

2. Buka iTunes dan pilih iPhone Anda.

3. Pilih tab “Ringkasan” dan pilih “Pulihkan Backup”.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak memiliki backup di iCloud atau iTunes, Anda masih memiliki opsi untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengembalikan file yang terhapus di iPhone Anda. Beberapa aplikasi yang populer untuk pemulihan file adalah Dr.Fone, iMobie PhoneRescue, dan Tenorshare UltData.

Anda dapat mengunduh aplikasi ini melalui App Store dan mengikuti langkah-langkah yang disediakan untuk memulihkan file yang terhapus.

4. Menggunakan Software Pemulihan Data iPhone

Jika Anda lebih memilih menggunakan komputer untuk mengembalikan file yang terhapus di iPhone, Anda dapat menggunakan software pemulihan data iPhone seperti EaseUS MobiSaver, iMobie PhoneRescue, atau Dr.Fone. Anda cukup menghubungkan iPhone ke komputer dan mengikuti petunjuk yang disediakan oleh software tersebut.

5. Menghubungi Dukungan Apple

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus di iPhone Anda, Anda dapat menghubungi dukungan Apple untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut. Mereka mungkin memiliki solusi atau saran tambahan untuk situasi Anda.

Demikianlah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di iPhone. Ingatlah untuk selalu melakukan backup secara rutin agar Anda tidak kehilangan file yang penting. Jika Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar, Anda harus dapat mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Semoga berhasil!