Cara Mengembalikan File yang Terhapus karena Format

Setiap orang pasti pernah mengalami kejadian di mana file yang penting terhapus secara tidak sengaja karena format. Hal ini tentu sangat menjengkelkan, terutama jika file tersebut berisi data atau informasi yang penting dan sulit untuk didapatkan kembali. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus karena format.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengembalikan file yang terhapus karena format, perlu diingat bahwa keberhasilan dalam mengembalikan file tersebut tergantung pada seberapa cepat tindakan yang Anda ambil setelah file tersebut terhapus. Semakin cepat Anda mengambil tindakan, semakin besar kemungkinan file tersebut dapat dikembalikan. Jadi, jangan menunggu terlalu lama sebelum mencoba cara-cara berikut ini.

1. Menggunakan Software Pemulihan Data

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengembalikan file yang terhapus karena format adalah dengan menggunakan software pemulihan data. Ada banyak software pemulihan data yang tersedia di internet yang dapat Anda gunakan. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal software tersebut, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengembalikan file yang terhapus. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua software pemulihan data berhasil dalam setiap kasus, jadi pastikan Anda memilih software yang terpercaya dan memiliki ulasan yang baik.

Software pemulihan data bekerja dengan cara mencari jejak-jejak file yang terhapus di dalam hard drive atau media penyimpanan lainnya. Mereka kemudian mengembalikan file-file tersebut dan memulihkannya ke tempat yang baru. Namun, perlu diingat bahwa semakin lama setelah file terhapus, semakin kecil kemungkinan file tersebut dapat dikembalikan dengan sempurna. Jadi, segera gunakan software pemulihan data setelah file terhapus untuk meningkatkan peluang keberhasilan.

2. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda tidak ingin mengunduh dan menginstal software pemulihan data, Anda juga bisa mencoba cara lain untuk mengembalikan file yang terhapus karena format, yaitu menggunakan Command Prompt. Command Prompt adalah fitur yang ada di sistem operasi Windows yang dapat digunakan untuk menjalankan perintah-perintah tertentu. Salah satu perintah yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah perintah “attrib”.

Dengan menggunakan perintah “attrib”, Anda dapat mengubah atribut file yang terhapus sehingga file tersebut dapat dilihat dan diakses kembali. Namun, perlu diingat bahwa cara ini hanya berlaku untuk file yang terhapus secara tidak sengaja karena format, bukan file yang sengaja dihapus. Untuk mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan Command Prompt, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketik “cmd” dan tekan Enter.

2. Pindah ke direktori tempat file terhapus tersebut berada dengan menggunakan perintah “cd” (misalnya: cd D:\folder).

3. Ketik perintah “attrib -h -r -s /s /d *.*” dan tekan Enter.

3. Menggunakan Software Pemulihan File Online

Jika Anda tidak ingin mengunduh dan menginstal software pemulihan data, Anda juga bisa mencoba menggunakan software pemulihan file online. Ada banyak website yang menyediakan layanan pemulihan file online secara gratis. Anda hanya perlu mengunjungi salah satu website tersebut, mengunggah file yang ingin Anda pulihkan, dan mengikuti petunjuk yang diberikan.

Perlu diingat bahwa keberhasilan dalam menggunakan software pemulihan file online tergantung pada berbagai faktor, seperti ukuran file dan kecepatan internet Anda. Jadi, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan file tidak terlalu besar, agar proses pemulihan dapat berjalan dengan lancar.

4. Menggunakan Backup

Salah satu cara terbaik untuk menghindari kehilangan data akibat file terhapus adalah dengan membuat backup secara teratur. Backup adalah salinan file atau data yang disimpan di tempat lain sebagai cadangan, sehingga jika file asli terhapus atau rusak, Anda masih memiliki salinannya yang dapat dipulihkan.

Ada banyak cara untuk membuat backup, seperti menggunakan hard drive eksternal, cloud storage, atau software backup khusus. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Pastikan juga untuk membuat backup secara rutin, agar file-file penting Anda selalu terlindungi.

5. Menggunakan Fitur Restore Previous Versions

Sistem operasi Windows juga memiliki fitur yang disebut “Restore Previous Versions” yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus karena format. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengakses versi sebelumnya dari file yang terhapus, jika versi tersebut masih tersedia di dalam sistem.

Untuk menggunakan fitur “Restore Previous Versions”, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Klik kanan pada folder tempat file tersebut berada, lalu pilih “Restore Previous Versions”.

2. Akan muncul daftar versi sebelumnya dari folder tersebut. Pilih versi yang ingin Anda pulihkan, lalu klik tombol “Restore”.

Setelah Anda mengikuti salah satu cara di atas, kemungkinan besar Anda dapat mengembalikan file yang terhapus karena format. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua file dapat dikembalikan dengan sempurna, terutama jika file tersebut telah terhapus dalam waktu yang lama atau telah terjadi kerusakan pada media penyimpanan. Jadi, pastikan Anda selalu berkala melakukan backup file dan berhati-hati dalam mengelola file agar menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.