Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Smadav

Smadav adalah salah satu program antivirus yang sangat populer di Indonesia. Dengan fitur-fitur keamanan yang lengkap, Smadav dapat melindungi komputer kita dari serangan virus dan malware. Namun, terkadang ada kasus di mana Smadav secara tidak sengaja menghapus file yang sebenarnya tidak berbahaya. Jika Anda menemui masalah ini, jangan khawatir! Artikel ini akan membahas cara mengembalikan file yang terhapus oleh Smadav dengan mudah dan cepat.

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa Smadav tidak menyediakan opsi pemulihan file yang terhapus. Namun, Anda masih memiliki beberapa pilihan untuk mengembalikan file yang hilang. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba:

1. Menggunakan Fitur Restore di Smadav

Smadav menyediakan fitur restore yang memungkinkan Anda mengembalikan file yang terhapus. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka Smadav, masuk ke tab “Tools”, lalu pilih “Restore”. Di sana, Anda akan melihat daftar file yang pernah dihapus oleh Smadav. Pilih file yang ingin Anda pulihkan, lalu klik tombol “Restore”. File tersebut akan dikembalikan ke lokasi aslinya.

Namun, perlu diingat bahwa fitur restore di Smadav hanya akan muncul jika Anda mencadangkan file Anda sebelumnya. Jadi, pastikan Anda selalu membuat cadangan file Anda secara teratur agar dapat mengembalikan file yang hilang dengan mudah.

2. Menggunakan Program Pemulihan File

Jika Anda tidak memiliki cadangan file atau fitur restore di Smadav tidak membantu, Anda masih dapat menggunakan program pemulihan file pihak ketiga. Ada banyak program pemulihan file yang tersedia secara gratis di internet, seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, atau MiniTool Power Data Recovery. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal salah satu program ini, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkan file yang terhapus.

Setelah menginstal program pemulihan file, jalankan program tersebut dan pilih drive atau lokasi di mana file yang hilang sebelumnya tersimpan. Program akan melakukan pemindaian dan menunjukkan daftar file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang ingin Anda kembalikan, lalu ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menyelesaikan proses pemulihan.

3. Menggunakan Fitur Shadow Copy di Windows

Windows memiliki fitur yang disebut Shadow Copy, yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus. Fitur ini menciptakan salinan bayangan dari file setiap kali ada perubahan atau penghapusan. Untuk menggunakan fitur ini, Anda hanya perlu mengklik kanan pada folder tempat file yang hilang sebelumnya tersimpan, lalu pilih “Properties”. Di tab “Previous Versions”, Anda akan melihat daftar versi sebelumnya dari folder atau file tersebut. Pilih versi yang ingin Anda pulihkan, lalu klik tombol “Restore” untuk mengembalikan file tersebut.

Namun, perlu diingat bahwa fitur Shadow Copy hanya akan tersedia jika Anda telah mengaktifkan fitur ini sebelumnya atau jika sistem operasi Anda mendukung fitur ini.

4. Mencari File di Recycle Bin

Seringkali, file yang terhapus oleh Smadav masih dapat ditemukan di Recycle Bin. Jadi, pastikan untuk memeriksa Recycle Bin terlebih dahulu sebelum mencoba metode lain. Buka Recycle Bin dari desktop Anda, lalu cari file yang hilang. Jika Anda menemukan file yang ingin Anda pulihkan, klik kanan pada file tersebut, lalu pilih “Restore” untuk mengembalikan file tersebut ke lokasi aslinya.

Perlu diingat bahwa file yang terhapus dari Recycle Bin tidak akan dapat dikembalikan secara permanen setelah Anda mengosongkan Recycle Bin atau menghapus file lain yang menggantikan ruang yang ditinggalkan oleh file yang terhapus.

5. Menggunakan Backup Eksternal

Jika Anda memiliki backup eksternal, seperti hard drive eksternal atau flash drive, Anda dapat mencoba mengembalikan file yang hilang dari backup tersebut. Hubungkan backup eksternal ke komputer Anda, lalu cari file yang ingin Anda pulihkan. Salin file tersebut ke lokasi yang diinginkan di komputer Anda. Pastikan untuk selalu membuat backup file Anda secara teratur agar dapat mengembalikan file yang hilang dengan mudah.

Secara keseluruhan, meskipun Smadav tidak menyediakan opsi pemulihan file yang hilang, masih ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang terhapus. Dari memanfaatkan fitur restore di Smadav hingga menggunakan program pemulihan file pihak ketiga atau fitur bawaan di Windows, Anda memiliki beberapa pilihan untuk memulihkan file Anda. Selalu pastikan untuk membuat cadangan file secara rutin agar dapat menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.