Cara Mengembalikan File yang Terhapus oleh Virus di Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu alat penyimpanan data yang paling praktis dan sering digunakan oleh banyak orang. Namun, seringkali kita menghadapi masalah di mana file-file penting yang ada di dalam flashdisk tiba-tiba terhapus oleh virus. Nah, jika kamu mengalami hal tersebut, jangan khawatir! Pada artikel ini, kami akan memberikan beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus oleh virus di flashdisk. Simak terus artikel ini untuk mengetahui caranya!

Sebelum kita masuk ke langkah-langkah pemulihan data, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu bagaimana sebenarnya file bisa terhapus oleh virus di flashdisk. Biasanya, hal ini terjadi ketika flashdisk terinfeksi oleh virus yang kemudian menghapus atau mengenkripsi file-file yang ada di dalamnya. Sehingga, saat kita membuka flashdisk, file-file tersebut sudah tidak dapat ditemukan lagi.

1. Menggunakan Software Pemulihan Data

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengembalikan file yang terhapus oleh virus di flashdisk adalah dengan menggunakan software pemulihan data. Ada banyak software pemulihan data yang tersedia secara gratis di internet, seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, atau MiniTool Power Data Recovery. Kamu hanya perlu mengunduh salah satu software tersebut, menginstalnya di komputer, dan mengikuti langkah-langkah pemulihan yang disediakan.

Setelah software terpasang, hubungkan flashdisk ke komputer dan jalankan software tersebut. Pilih flashdisk yang ingin kamu pulihkan, lalu klik “Scan” atau “Start” untuk memulai proses pemindaian. Setelah selesai, software akan menampilkan daftar file yang dapat kamu pulihkan. Kamu tinggal memilih file-file yang ingin kamu kembalikan, lalu klik “Recover” atau “Restore”. File-file tersebut akan dikembalikan ke folder yang kamu tentukan.

2. Menggunakan Command Prompt

Bagi kamu yang lebih menguasai teknologi dan ingin mencoba cara yang sedikit lebih advanced, kamu juga dapat menggunakan Command Prompt untuk mengembalikan file yang terhapus oleh virus di flashdisk. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Hubungkan flashdisk ke komputer dan buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.

2. Ketik perintah “attrib -h -r -s /s /d G:\*.*” (tanpa tanda kutip), dengan G adalah drive letter dari flashdisk kamu. Jika drive letter flashdisk kamu adalah F, maka ganti G dengan F.

3. Tekan Enter, dan Command Prompt akan memulai proses mengembalikan file yang terhapus oleh virus di flashdisk. Proses ini mungkin akan memakan waktu beberapa saat tergantung pada ukuran flashdisk dan banyaknya file yang terhapus.

3. Menggunakan Backup

Jika kamu memiliki kebiasaan untuk membuat backup data secara rutin, maka kamu beruntung! Mengembalikan file yang terhapus oleh virus di flashdisk akan menjadi jauh lebih mudah jika kamu memiliki salinan cadangan file tersebut. Kamu hanya perlu menghubungkan flashdisk cadangan atau mengakses cloud storage tempat kamu menyimpan backup, dan mengambil kembali file yang terhapus.

Penting untuk selalu membuat backup data secara teratur agar kamu tidak kehilangan file-file penting jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti virus atau kerusakan pada flashdisk. Backup dapat dilakukan dengan cara menyimpan file-file penting ke hard drive eksternal, cloud storage, atau bahkan menggunakan fitur backup yang disediakan oleh sistem operasi seperti Windows Backup and Restore atau Time Machine untuk pengguna Mac.

4. Menggunakan Antivirus

Selain melakukan pemulihan file, langkah yang tidak kalah penting adalah membersihkan flashdisk dari virus yang menyebabkan file terhapus. Kamu dapat menggunakan antivirus terpercaya untuk memindai dan membersihkan flashdisk dari virus. Pastikan antivirus kamu selalu terupdate agar dapat mendeteksi dan menghapus virus terbaru dengan efektif.

Setelah antivirus selesai melakukan pemindaian, pastikan flashdisk kamu tidak terhubung ke komputer, lalu jalankan antivirus untuk membersihkan virus yang terdeteksi. Setelah proses pembersihan selesai dan flashdisk kamu bersih dari virus, kamu dapat mencoba mengakses kembali file-file yang sebelumnya terhapus.

5. Menghubungi Ahli Pemulihan Data

Jika kamu sudah mencoba semua cara di atas namun masih belum berhasil mengembalikan file yang terhapus oleh virus di flashdisk, mungkin sudah saatnya untuk menghubungi ahli pemulihan data. Ahli pemulihan data memiliki alat dan pengetahuan yang lebih lanjut untuk mengatasi masalah pemulihan data yang lebih kompleks. Mereka dapat membantu kamu dalam mengembalikan file yang terhapus dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Pastikan kamu mencari ahli pemulihan data yang terpercaya dan berpengalaman. Jangan ragu untuk bertanya mengenai biaya, proses pemulihan, dan tingkat keberhasilan sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa mereka. Ingat, pemulihan data yang berhasil membutuhkan proses yang teliti dan tidak selalu dapat menjamin pemulihan 100% dari file yang terhapus.

Menghadapi kehilangan file yang terhapus oleh virus di flashdisk memang bisa menjadi pengalaman yang menegangkan, terutama jika file tersebut memiliki nilai penting bagi kita. Namun, dengan melakukan langkah-langkah yang tepat seperti yang telah dijelaskan di atas, peluang untuk mengembalikan file yang terhapus akan semakin besar. Selalu ingat untuk melakukan backup secara rutin dan menjaga flashdisk kamu dari serangan virus dengan menggunakan antivirus yang terpercaya.