Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen dari Recycle Bin

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda secara tidak sengaja menghapus file penting dan mengosongkan recycle bin? Jika iya, Anda mungkin berpikir bahwa file tersebut telah hilang selamanya. Namun, ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang terhapus permanen dari recycle bin.

Ketika Anda menghapus file dari recycle bin, sebenarnya file tersebut tidak benar-benar dihapus dari komputer Anda. Sistem operasi hanya menghapus referensi ke file tersebut, sehingga file masih ada di hard drive Anda. Namun, ruang yang digunakan oleh file tersebut diberi tanda sebagai ruang yang dapat digunakan kembali. Oleh karena itu, jika Anda bertindak dengan cepat, ada kemungkinan besar Anda dapat mengembalikan file yang terhapus permanen.

1. Menggunakan Fitur Restore di Recycle Bin

Salah satu cara tercepat dan termudah untuk mengembalikan file yang terhapus permanen adalah dengan menggunakan fitur Restore di recycle bin. Pada saat menghapus file, Anda seharusnya melihat opsi untuk mengembalikan file tersebut. Jika Anda tidak melihat opsi tersebut, Anda dapat membuka recycle bin, mencari file yang ingin dikembalikan, klik kanan, dan pilih opsi Restore.

Jika fitur Restore tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus permanen, Anda dapat mencoba cara lain seperti menggunakan software recovery file. Ada banyak software yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus permanen dari recycle bin.

2. Menggunakan Software Recovery File

Jika file yang ingin Anda kembalikan tidak dapat dipulihkan dengan fitur Restore di recycle bin, Anda dapat mencoba menggunakan software recovery file. Software ini dirancang khusus untuk memulihkan file yang terhapus permanen dari hard drive. Beberapa software recovery file populer termasuk Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan Stellar Data Recovery.

Untuk menggunakan software recovery file, Anda perlu mengunduh dan menginstalnya di komputer Anda. Setelah diinstal, jalankan software tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih lokasi di mana file tersebut terhapus. Setelah itu, software akan melakukan pemindaian pada hard drive Anda dan menampilkan file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang ingin Anda kembalikan dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menyimpannya kembali ke komputer Anda.

3. Menggunakan Backup yang Tersedia

Jika Anda memiliki kebiasaan melakukan backup file secara teratur, Anda mungkin beruntung karena file yang terhapus permanen mungkin masih ada di backup Anda. Coba periksa backup yang Anda miliki, baik itu di hard drive eksternal, cloud storage, atau perangkat lainnya. Jika file tersebut ada di backup, Anda dapat mengembalikannya dengan mudah.

Penting untuk diingat bahwa backup harus dilakukan secara rutin agar Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus permanen. Jika Anda belum memiliki kebiasaan backup, sekarang adalah saat yang tepat untuk memulainya.

4. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang lebih lanjut, Anda dapat mencoba menggunakan Command Prompt untuk mengembalikan file yang terhapus permanen. Command Prompt adalah alat baris perintah yang tersedia di Windows yang memungkinkan Anda untuk menjalankan perintah dan skrip.

Untuk menggunakan Command Prompt, buka jendela Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, ketik “cmd”, dan tekan Enter. Setelah jendela Command Prompt terbuka, ketik perintah “chkdsk /f” diikuti dengan nama drive yang ingin Anda periksa (misalnya, chkdsk /f C:). Perintah ini akan memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada drive yang ditentukan, yang mungkin mencakup file yang terhapus permanen.

5. Menggunakan Teknik Forensik

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus permanen, Anda dapat mencoba menggunakan teknik forensik. Teknik forensik melibatkan penggunaan perangkat lunak khusus yang dapat memulihkan file yang tidak dapat dipulihkan dengan metode biasa.

Metode ini biasanya digunakan oleh ahli forensik komputer untuk memulihkan data yang dihapus secara sengaja atau tidak sengaja. Namun, metode ini juga dapat digunakan oleh pengguna biasa dengan pengetahuan yang cukup tentang komputer dan pemulihan data.

Dalam kesimpulan, meskipun file yang terhapus permanen dari recycle bin mungkin tampak hilang selamanya, masih ada harapan untuk mengembalikannya. Dengan menggunakan fitur Restore di recycle bin, software recovery file, backup, Command Prompt, atau teknik forensik, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan file yang hilang. Penting untuk diingat bahwa tindakan harus diambil segera setelah file terhapus permanen untuk meningkatkan peluang pemulihan.