Cara Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Recycle Bin

Apakah Anda pernah menghapus file secara tidak sengaja dan kemudian mengosongkan Recycle Bin? Jika iya, jangan panik! Meskipun file yang terhapus secara permanen di Recycle Bin biasanya dianggap hilang selamanya, sebenarnya masih ada cara untuk mengembalikannya. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di Recycle Bin.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa semakin cepat Anda bertindak, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengembalikan file yang terhapus. Jadi, jangan tunggu terlalu lama setelah Anda menyadari bahwa file tersebut hilang. Segera ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mendapatkan kembali file yang terhapus di Recycle Bin.

1. Menggunakan Fitur “Restore Previous Versions”

Windows memiliki fitur yang disebut “Restore Previous Versions” yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus permanen di Recycle Bin. Fitur ini memungkinkan Anda mengakses versi sebelumnya dari file atau folder tertentu, termasuk yang telah dihapus. Caranya cukup mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, klik kanan pada folder tempat file yang terhapus sebelumnya berada. Kemudian, pilih opsi “Restore Previous Versions” dari menu yang muncul. Setelah itu, Anda akan melihat daftar versi sebelumnya dari folder tersebut. Cari versi yang berisi file yang ingin Anda kembalikan, kemudian klik tombol “Restore” untuk mengembalikannya.

2. Menggunakan Software Pemulihan Data

Jika metode pertama tidak berhasil atau Anda tidak dapat menemukan versi sebelumnya dari file yang terhapus, Anda dapat menggunakan software pemulihan data untuk mengembalikannya. Ada banyak program pemulihan data yang tersedia secara online, beberapa di antaranya bahkan gratis. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan software pemulihan data:

Pertama, unduh dan instal software pemulihan data pilihan Anda. Setelah diinstal, jalankan program tersebut dan pilih drive atau lokasi di mana file yang terhapus sebelumnya berada. Kemudian, klik tombol “Scan” untuk memulai proses pemindaian. Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang ingin Anda kembalikan, lalu klik tombol “Recover” atau “Restore” untuk mengembalikannya ke lokasi yang Anda tentukan.

3. Memulihkan dari Backup

Jika Anda telah membuat salinan cadangan (backup) file Anda sebelumnya, Anda dapat memulihkannya dari backup tersebut. Ini adalah salah satu metode yang paling efektif untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di Recycle Bin. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk memulihkan file dari backup:

Pertama, buka program atau utilitas cadangan yang Anda gunakan untuk membuat backup file Anda. Kemudian, cari file yang terhapus di dalam backup tersebut. Setelah menemukannya, pilih file tersebut dan pilih opsi untuk mengembalikannya. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh program cadangan untuk menyelesaikan proses pemulihan.

4. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda merasa nyaman dengan menggunakan command prompt, Anda dapat mencoba metode ini untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di Recycle Bin. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka command prompt dengan cara menekan tombol “Windows” + “R” pada keyboard Anda, kemudian ketik “cmd” dan tekan “Enter”. Setelah command prompt terbuka, ketik perintah “cd \$Recycle.Bin” (tanpa tanda kutip). Kemudian, tekan “Enter” lagi.

5. Menggunakan Software Pemulihan File yang Terhapus

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan software pemulihan file yang terhapus. Software ini dirancang khusus untuk mengembalikan file yang terhapus permanen di Recycle Bin dan sering kali memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan software pemulihan file yang terhapus:

Pertama, unduh dan instal software pemulihan file yang terhapus. Setelah diinstal, jalankan program tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan. Pilih drive atau lokasi di mana file yang terhapus sebelumnya berada, kemudian klik tombol “Scan” untuk memulai pemindaian. Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang ingin Anda kembalikan, lalu klik tombol “Recover” atau “Restore” untuk mengembalikannya.

Dalam kesimpulan, meskipun file yang terhapus permanen di Recycle Bin dianggap hilang selamanya, masih ada harapan untuk mengembalikannya. Dengan mengikuti metode-metode di atas, Anda memiliki peluang untuk mendapatkan kembali file yang terhapus. Ingatlah untuk selalu bertindak cepat dan jangan menunggu terlalu lama sebelum mencoba mengembalikan file yang terhapus. Semoga berhasil!