Cara Mengembalikan File yang Terhapus Secara Permanen di Recycle Bin

Apakah Anda pernah menghapus suatu file dengan sengaja atau tidak sengaja, dan kemudian menyadarinya terlalu terlambat? Jika file tersebut sudah terhapus secara permanen di recycle bin, Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada cara untuk mengembalikannya. Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan cara-cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanen di recycle bin. Simak terus untuk mengetahui lebih lanjut!

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa setiap langkah yang akan kami jelaskan di sini tidak menjamin 100% sukses dalam mengembalikan file yang terhapus secara permanen di recycle bin. Namun, kami akan memberikan metode-metode yang dapat Anda coba dan memiliki potensi untuk mengembalikan file Anda. Jadi, mari kita mulai!

1. Menggunakan Software Pemulihan Data

Jika Anda ingin mengembalikan file yang terhapus secara permanen di recycle bin, salah satu metode yang dapat Anda coba adalah menggunakan software pemulihan data. Ada banyak software pemulihan data yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Anda dapat mencari dan mengunduh software tersebut, lalu menginstalnya di komputer Anda.

Setelah software terinstal, jalankan program tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih drive atau lokasi di mana file Anda terhapus. Setelah itu, software akan mulai melakukan proses pemulihan data. Tunggu hingga proses selesai dan periksa hasilnya. Jika beruntung, file yang terhapus secara permanen dapat ditemukan dan dikembalikan.

Beberapa software pemulihan data yang direkomendasikan adalah Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan MiniTool Power Data Recovery. Namun, pastikan untuk membaca ulasan dan petunjuk penggunaan sebelum mengunduh dan menggunakan software tersebut.

2. Menggunakan Fitur Restore Sebelumnya

Fitur restore sebelumnya adalah fitur yang ada pada sistem operasi Windows yang memungkinkan Anda mengembalikan sistem ke kondisi sebelumnya. Jika Anda menghapus file secara permanen di recycle bin, Anda dapat mencoba menggunakan fitur ini untuk mengembalikan file tersebut.

Caranya cukup mudah. Pertama, buka jendela File Explorer di komputer Anda dan cari lokasi tempat file yang terhapus sebelumnya. Klik kanan pada folder atau drive tersebut, lalu pilih “Restore previous versions”. Kemudian, pilih versi sebelum file terhapus dan klik “Restore” atau “Copy” untuk mengembalikannya ke lokasi yang diinginkan.

Perlu diingat bahwa fitur restore sebelumnya hanya akan tersedia jika Anda telah mengaktifkan fitur ini sebelumnya atau jika sistem operasi Anda mendukung fitur ini. Jadi, pastikan untuk memeriksa pengaturan sistem Anda sebelum mencoba metode ini.

3. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang command prompt atau ingin mencoba metode yang lebih teknis, Anda dapat menggunakan command prompt untuk mengembalikan file yang terhapus secara permanen di recycle bin. Metode ini akan menggunakan perintah “undelete” atau “unerase” untuk memulihkan file yang terhapus.

Untuk menggunakan command prompt, buka jendela command prompt di komputer Anda. Ketik perintah “undelete” atau “unerase” diikuti dengan lokasi tempat file terhapus sebelumnya. Misalnya, jika file tersebut terhapus dari drive D, Anda dapat mengetik perintah “undelete D:\namafile.ext” (ganti namafile.ext dengan nama dan ekstensi file yang terhapus).

Setelah Anda mengetik perintah, tekan Enter untuk menjalankannya. Jika perintah berhasil, file yang terhapus akan dikembalikan ke lokasi sebelumnya. Namun, perlu diingat bahwa metode ini mungkin tidak berhasil jika file telah terhapus secara permanen atau jika ada masalah lain yang menyebabkan file tidak dapat dipulihkan.

4. Mencoba Software Pemulihan Data dari Pihak Ketiga

Jika metode-metode sebelumnya tidak berhasil atau jika Anda menginginkan solusi yang lebih handal, Anda dapat mencoba menggunakan software pemulihan data dari pihak ketiga. Software ini umumnya lebih canggih dan dapat memulihkan file yang telah terhapus secara permanen dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Ada banyak software pemulihan data dari pihak ketiga yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa software yang direkomendasikan adalah Stellar Data Recovery, Disk Drill, dan R-Studio. Anda dapat mencari dan mengunduh software tersebut, lalu menginstalnya di komputer Anda.

Seperti pada metode pertama, jalankan program software pemulihan data yang Anda pilih dan ikuti petunjuk yang diberikan. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih drive atau lokasi di mana file terhapus sebelumnya. Setelah itu, software akan melakukan proses pemulihan data. Tunggu hingga proses selesai dan periksa hasilnya. Dengan menggunakan software pemulihan data dari pihak ketiga, ada peluang yang lebih besar untuk berhasil mengembalikan file yang terhapus secara permanen.

5. Mencegah Kehilangan File di Masa Depan

Tentu saja, yang terbaik adalah mencegah kehilangan file di masa depan. Anda dapat melakukan hal-hal berikut untuk mencegah file yang terhapus secara permanen di recycle bin:

– Rajinlah melakukan backup file secara teratur. Simpan salinan file Anda di perangkat penyimpanan eksternal atau di cloud storage.

– Hati-hati saat menghapus file. Pastikan Anda benar-benar ingin menghapus file tersebut sebelum mengklik tombol “Delete” atau “Recycle Bin”.

– Gunakan software keamanan yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus, seperti software pemulihan data atau software backup.

Dengan menerapkan langkah-langkah ini, Anda dapat mengurangi risiko kehilangan file yang terhapus secara permanen di recycle bin.

Untuk kesimpulannya, meskipun mengembalikan file yang terhapus secara permanen di recycle bin bukanlah tugas yang mudah, ada beberapa metode yang dapat Anda coba. Mulai dari menggunakan software pemulihan data, fitur restore sebelumnya, command prompt, hingga software pemulihan data dari pihak ketiga, Anda memiliki beberapa pilihan untuk mengembalikan file yang terhapus. Namun, pastikan untuk tidak terlalu berharap, karena tidak ada jaminan 100% bahwa file Anda dapat dikembalikan. Selalu lakukan langkah-langkah pencegahan untuk mengurangi risiko kehilangan data di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu Anda dalam mengembalikan file yang terhapus secara permanen di recycle bin!