Cara Mengembalikan File yang Terhapus Selamanya di Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud yang populer digunakan oleh banyak orang. Dengan fitur-fitur yang lengkap dan kemudahan aksesnya, Google Drive menjadi pilihan favorit dalam menyimpan dan berbagi file. Namun, terkadang kita dapat mengalami kejadian tidak menyenangkan ketika file yang kita simpan di Google Drive terhapus secara tidak sengaja atau bahkan terhapus selamanya. Apakah ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus selamanya di Google Drive? Simak artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang cara mengembalikan file yang terhapus selamanya di Google Drive, ada beberapa hal yang perlu diingat. Pertama, jika file yang terhapus sudah melewati batas waktu tertentu, biasanya 30 hari, maka file tersebut akan dihapus secara permanen dan tidak dapat dikembalikan. Kedua, untuk mengembalikan file yang terhapus, kita perlu mengunjungi versi web Google Drive, bukan aplikasi di perangkat mobile. Dengan memahami hal-hal tersebut, mari kita lanjutkan ke sesi-sesi berikut untuk mengetahui cara mengembalikan file yang terhapus selamanya di Google Drive.

1. Mengecek Folder Sampah

Jika file yang ingin Anda pulihkan belum melewati batas waktu penghapusan permanen, langkah pertama yang harus Anda coba adalah dengan memeriksa folder Sampah di Google Drive. Folder Sampah adalah tempat penyimpanan sementara untuk file-file yang dihapus. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka Google Drive di browser Anda dan login ke akun Google Drive Anda.

– Di sisi kiri jendela Google Drive, klik “Sampah” atau “Trash”.

– Cari file yang ingin Anda pulihkan, klik kanan pada file tersebut, dan pilih “Pulihkan”.

2. Menggunakan Fitur “Versi Sebelumnya”

Jika file yang ingin Anda pulihkan tidak ada di folder Sampah, ada kemungkinan bahwa file tersebut telah dihapus secara permanen. Namun, Google Drive menyediakan fitur “Versi Sebelumnya” yang memungkinkan Anda mengembalikan versi terdahulu dari file yang telah diubah atau dihapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Pada jendela Google Drive, pilih file yang ingin Anda pulihkan.

– Klik kanan pada file tersebut dan pilih “Versi Sebelumnya”.

– Akan muncul daftar versi-versi sebelumnya dari file tersebut. Pilih versi yang ingin Anda pulihkan dan klik “Pulihkan”.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengembalikan file yang terhapus di Google Drive. Beberapa aplikasi yang populer digunakan adalah DiskDigger, EaseUS Data Recovery Wizard, dan Recuva. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut untuk mengembalikan file yang terhapus.

4. Menghubungi Dukungan Google Drive

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi dukungan Google Drive. Sampaikan masalah Anda dengan detail dan berikan informasi yang diperlukan kepada tim dukungan. Mereka akan melakukan yang terbaik untuk membantu Anda mengembalikan file yang terhapus selamanya di Google Drive.

5. Langkah Pencegahan untuk Masa Depan

Untuk menghindari masalah kehilangan file di Google Drive di masa depan, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda lakukan. Pertama, pastikan Anda secara teratur membackup file-file penting Anda ke tempat lain, seperti hard drive eksternal atau layanan penyimpanan cloud lainnya. Kedua, hati-hati saat menghapus file di Google Drive dan pastikan Anda tidak menghapus file yang sebenarnya ingin Anda simpan. Terakhir, periksa secara berkala folder Sampah di Google Drive dan hapus file-file yang sudah tidak diperlukan lagi untuk menghindari kebingungan di kemudian hari.

Dalam kesimpulannya, meskipun file yang terhapus selamanya di Google Drive memang sulit untuk dikembalikan, ada beberapa langkah yang dapat Anda coba untuk memulihkan file tersebut. Namun, penting untuk diingat bahwa langkah-langkah ini hanya berlaku jika file yang ingin Anda pulihkan belum melewati batas waktu penghapusan permanen. Selain itu, mengambil langkah pencegahan untuk masa depan juga sangat penting agar Anda tidak kehilangan file-file penting di Google Drive. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengembalikan file yang terhapus di Google Drive.