Cara Mengetahui Akun IG adalah Akun Bisnis

Instagram (IG) telah menjadi platform yang sangat populer bagi individu maupun bisnis untuk berbagi foto, video, dan cerita mereka. Dalam beberapa tahun terakhir, banyak bisnis yang memanfaatkan Instagram sebagai alat pemasaran yang efektif untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Namun, bagaimana kita bisa mengetahui apakah suatu akun IG adalah akun bisnis atau bukan? Dalam artikel ini, kami akan membahas cara-cara untuk mengetahui apakah suatu akun IG adalah akun bisnis atau tidak.

Salah satu cara paling mudah untuk mengetahui apakah suatu akun IG adalah akun bisnis adalah dengan melihat adanya informasi yang terkait dengan bisnis tersebut di profil akun tersebut. Jika akun tersebut adalah akun bisnis, kemungkinan besar mereka akan menyertakan informasi seperti alamat bisnis, nomor telepon, dan situs web. Ini adalah langkah pertama yang bisa Anda ambil untuk memastikan apakah akun tersebut benar-benar akun bisnis atau hanya akun pribadi.

1. Melihat Kategori Akun

Instagram memberikan fitur khusus yang memungkinkan pengguna untuk mengategorikan akun mereka sebagai akun bisnis. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan informasi lebih lanjut tentang bisnis mereka, seperti alamat, nomor telepon, dan jam operasional. Jika Anda ingin mengetahui apakah suatu akun IG adalah akun bisnis, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah melihat kategori akun tersebut. Jika akun tersebut dikategorikan sebagai “Bisnis”, kemungkinan besar itu adalah akun bisnis.

Jika Anda tidak melihat kategori akun yang ditampilkan di profil akun, Anda juga dapat melihat di bagian “Informasi” atau “Keterangan” untuk melihat apakah ada informasi yang terkait dengan bisnis tersebut. Jika ada informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, kemungkinan besar itu adalah akun bisnis.

2. Menggunakan Tombol “Hubungi” atau “Kirim Pesan”

Jika Anda ingin memverifikasi apakah suatu akun IG adalah akun bisnis atau bukan, Anda dapat menggunakan tombol “Hubungi” atau “Kirim Pesan” yang tersedia di profil akun tersebut. Jika tombol tersebut tersedia, itu berarti pemilik akun ingin memudahkan pengguna untuk menghubungi mereka terkait dengan bisnis mereka. Jika Anda mengklik tombol tersebut dan melihat informasi kontak bisnis seperti nomor telepon atau alamat email, itu adalah indikasi bahwa akun tersebut adalah akun bisnis.

Namun, perlu diingat bahwa tidak semua akun bisnis menggunakan tombol “Hubungi” atau “Kirim Pesan”. Beberapa akun bisnis mungkin memilih untuk tidak menampilkan tombol tersebut, tetapi mereka masih bisa memberikan informasi kontak bisnis di bagian deskripsi profil akun mereka.

3. Melihat Postingan dan Cerita

Salah satu cara lain untuk mengetahui apakah suatu akun IG adalah akun bisnis adalah dengan melihat postingan dan cerita yang mereka bagikan. Akun bisnis cenderung membagikan konten yang terkait dengan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Mereka juga dapat menggunakan fitur “Promosi” untuk memperluas jangkauan postingan mereka.

Jika Anda melihat bahwa sebagian besar postingan dan cerita dari akun tersebut berhubungan dengan penjualan atau promosi, itu adalah indikasi bahwa akun tersebut adalah akun bisnis. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua akun bisnis mempromosikan produk atau jasa mereka dengan cara yang sama. Beberapa akun bisnis mungkin lebih fokus pada konten informatif atau inspiratif yang terkait dengan industri mereka.

4. Menelusuri Situs Web yang Terhubung

Jika Anda masih meragukan apakah suatu akun IG adalah akun bisnis atau bukan, Anda dapat menelusuri situs web yang terhubung dengan akun tersebut. Banyak akun bisnis yang memiliki situs web yang terhubung dengan profil mereka di Instagram. Jika akun tersebut memiliki tautan ke situs web di deskripsi profil, Anda dapat mengklik tautan tersebut untuk memverifikasi apakah itu adalah situs web bisnis atau bukan.

Saat mengunjungi situs web, perhatikan apakah ada informasi yang terkait dengan bisnis tersebut. Jika situs web berisi informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, itu adalah indikasi bahwa akun IG tersebut adalah akun bisnis.

5. Membaca Ulasan dan Komentar

Terakhir, cara lain untuk mengetahui apakah suatu akun IG adalah akun bisnis adalah dengan membaca ulasan dan komentar dari pengguna lain. Jika akun tersebut adalah akun bisnis, kemungkinan besar pengguna lain akan meninggalkan ulasan dan komentar yang terkait dengan produk atau jasa yang ditawarkan oleh bisnis tersebut.

Anda dapat membaca ulasan dan komentar di postingan akun tersebut atau melalui fitur “Ulasan” yang tersedia di profil akun. Jika Anda melihat bahwa sebagian besar ulasan dan komentar adalah tentang pengalaman pengguna dengan produk atau jasa yang ditawarkan, itu adalah indikasi bahwa akun tersebut adalah akun bisnis.

Dalam kesimpulannya, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui apakah suatu akun IG adalah akun bisnis atau bukan. Melihat kategori akun, menggunakan tombol “Hubungi” atau “Kirim Pesan”, melihat postingan dan cerita, menelusuri situs web yang terhubung, dan membaca ulasan dan komentar dapat memberikan petunjuk yang jelas tentang status akun tersebut. Dengan mengetahui apakah suatu akun IG adalah akun bisnis atau bukan, Anda dapat dengan lebih percaya diri dalam berinteraksi dengan akun tersebut.