Cara Mengetahui Password Excel yang Terkunci

Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda lupa password untuk file Excel yang terkunci? Ini bisa menjadi masalah frustrasi, terutama jika file tersebut berisi informasi penting yang Anda butuhkan dengan segera. Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan membahas beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui password Excel yang terkunci.

Sebelum kita melanjutkan, penting untuk dicatat bahwa menggunakan metode ini bertujuan untuk membantu pemilik file Excel yang lupa password untuk membuka file mereka sendiri. Ini bukan untuk digunakan untuk tujuan yang tidak sah atau merusak. Jadi, pastikan Anda hanya menggunakan metode ini dengan itikad baik dan bertanggung jawab.

1. Menggunakan Fitur “Lupa Password” di Excel

Microsoft Excel sebenarnya memiliki fitur bawaan yang dapat membantu Anda menemukan atau mengatur ulang password yang terlupa. Fitur ini disebut “Lupa Password” dan dapat diakses dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buka file Excel yang terkunci dan klik pada menu “File” di bagian atas jendela. Pilih “Info” dan kemudian klik “Lupa Password”. Excel akan meminta Anda untuk memasukkan password yang mungkin Anda ingat. Jika Anda tidak ingat, Anda dapat mencoba beberapa opsi lain seperti menggunakan password yang terkait dengan akun Microsoft Anda atau menggunakan kata sandi yang mungkin pernah Anda gunakan sebelumnya. Jika semua upaya ini gagal, Anda dapat mengklik “Buka Pemulihan” dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh Excel.

2. Menggunakan Program Pemulihan Password Excel

Jika metode pertama tidak berhasil, Anda masih memiliki opsi lain untuk mencoba. Ada banyak program pemulihan password Excel yang tersedia secara online yang dapat Anda gunakan. Beberapa program ini gratis, sementara yang lain mungkin memerlukan pembayaran. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan program pemulihan password Excel:

Pertama, unduh dan instal program pemulihan password Excel yang dipilih. Setelah diinstal, jalankan program tersebut dan cari file Excel yang ingin Anda buka. Pilih file tersebut dan pilih opsi “Pemulihan Password” atau yang serupa. Program akan mulai mencoba menguraikan password file tersebut. Proses ini mungkin memakan waktu, tergantung pada kompleksitas password yang digunakan. Setelah proses selesai, program akan menampilkan password yang berhasil diuraikan. Gunakan password ini untuk membuka file Excel yang terkunci.

3. Menggunakan Layanan Online

Jika Anda tidak ingin menginstal program pemulihan password Excel di komputer Anda, Anda juga dapat menggunakan layanan online yang menawarkan pemulihan password Excel. Layanan ini dapat dengan mudah ditemukan dengan melakukan pencarian sederhana di mesin pencari. Beberapa layanan ini gratis, sementara yang lain mungkin memerlukan biaya. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti untuk menggunakan layanan online ini:

Pertama, buka layanan online yang Anda pilih dan unggah file Excel yang terkunci. Layanan akan mulai memproses file tersebut dan mencoba menguraikan password yang ada. Setelah proses selesai, layanan akan menampilkan password yang berhasil diuraikan. Gunakan password ini untuk membuka file Excel yang terkunci.

4. Menghubungi Pembuat File Excel

Jika semua metode di atas gagal, opsi terakhir yang dapat Anda pertimbangkan adalah menghubungi pembuat file Excel. Jika Anda mendapatkan file Excel dari sumber yang dapat dipercaya atau jika file tersebut dibuat oleh seseorang yang Anda kenal, Anda dapat mencoba menghubungi mereka untuk meminta bantuan. Mereka mungkin memiliki informasi atau password yang diperlukan untuk membuka file tersebut.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk mengetahui password Excel yang terkunci. Penting untuk diingat bahwa penggunaan metode ini harus dilakukan dengan itikad baik dan bertanggung jawab. Jika Anda menggunakan metode ini untuk tujuan yang tidak sah atau merusak, Anda dapat melanggar hukum dan melanggar privasi orang lain. Pastikan Anda hanya menggunakan metode ini untuk membuka file Excel yang Anda miliki sendiri atau dengan izin pemiliknya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda menyelesaikan masalah password Excel yang terkunci!