Cara Mengetahui Password File Excel

Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda lupa password untuk file Excel Anda sendiri? Jika iya, jangan khawatir karena Anda tidak sendirian. Banyak orang menghadapi masalah yang sama, terutama ketika mereka menggunakan file Excel yang berisi informasi penting dan rahasia. Namun, dengan beberapa langkah yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengetahui password file Excel Anda sendiri tanpa harus menggunakan layanan pihak ketiga atau software mahal.

Sekarang, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara mengetahui password file Excel tanpa menghabiskan banyak waktu dan uang? Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara melakukannya. Namun, penting untuk dicatat bahwa Anda hanya boleh menggunakan metode ini untuk file Excel yang Anda miliki sendiri dan bukan untuk tujuan yang tidak sah.

1. Menggunakan Fitur “Lupa Password” di Excel

Jika Anda lupa password untuk file Excel Anda, langkah pertama yang dapat Anda coba adalah menggunakan fitur “Lupa Password” yang disediakan oleh Excel itu sendiri. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka file Excel yang terkunci dan masukkan password yang Anda ingat. Jika Anda tidak ingat sama sekali, Anda dapat melewatkan langkah ini.

2. Pilih tab “File” di bagian atas jendela Excel dan klik “Info”.

3. Klik “Lindungi Workbook” dan pilih “Enkripsi dengan Password”.

2. Menggunakan Perangkat Lunak Pemulihan Password Excel

Jika metode pertama tidak berhasil atau Anda tidak ingat sama sekali password untuk file Excel Anda, Anda dapat mencoba menggunakan perangkat lunak pemulihan password Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Unduh dan instal perangkat lunak pemulihan password Excel yang dapat Anda temukan secara online.

2. Buka perangkat lunak dan pilih file Excel yang ingin Anda buka.

3. Pilih jenis serangan yang ingin Anda gunakan, seperti serangan kamus, serangan brute force, atau serangan dengan memanfaatkan GPU.

3. Menggunakan Layanan Online

Jika Anda tidak ingin mengunduh perangkat lunak tambahan atau Anda tidak dapat menginstal perangkat lunak karena alasan tertentu, Anda dapat menggunakan layanan online untuk membuka file Excel yang terkunci. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Cari layanan online yang menawarkan pemulihan password untuk file Excel.

2. Unggah file Excel yang ingin Anda buka.

3. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh layanan online tersebut untuk memulai proses pemulihan password.

4. Mencoba Password yang Umum Digunakan

Jika Anda masih tidak dapat mengetahui password file Excel Anda, Anda dapat mencoba menggunakan password yang umum digunakan. Beberapa contoh password yang umum digunakan termasuk “password”, “123456”, atau nama pengguna Anda. Meskipun ini adalah metode terakhir yang harus Anda coba, terkadang password yang umum digunakan berhasil membuka file Excel yang terkunci.

5. Menghubungi Pencipta File Excel

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghubungi pencipta file Excel tersebut. Pencipta mungkin memiliki informasi atau password cadangan yang dapat membantu Anda membuka file Excel yang terkunci. Pastikan untuk memberikan alasan yang jelas dan meyakinkan mengapa Anda perlu membuka file tersebut.

Dalam kesimpulannya, kehilangan password untuk file Excel bukanlah masalah yang sulit untuk diatasi. Dengan beberapa langkah yang tepat, Anda dapat dengan mudah mengetahui password file Excel Anda sendiri tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan atau menggunakan layanan pihak ketiga. Namun, penting untuk diingat bahwa Anda hanya boleh menggunakan metode ini untuk file Excel yang Anda miliki sendiri dan bukan untuk tujuan yang tidak sah.