Cara Mengetahui Password Protect Excel

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan membuka file Excel yang terlindungi dengan kata sandi? Jika iya, Anda tidak sendirian. Banyak orang menghadapi masalah ini setiap harinya. Namun, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengetahui password protect Excel dengan mudah.

File Excel yang terlindungi dengan password sangat umum digunakan untuk melindungi data sensitif, baik itu informasi keuangan, data karyawan, atau dokumen penting lainnya. Namun, terkadang kita lupa kata sandi yang telah kita terapkan pada file tersebut. Ketika kita tidak bisa mengingat kata sandi, hal ini bisa menjadi masalah besar karena kita tidak dapat mengakses data yang ada di dalam file tersebut.

1. Menggunakan Fitur “Lupa Kata Sandi”

Jika Anda lupa kata sandi yang digunakan pada file Excel, Anda dapat menggunakan fitur “Lupa Kata Sandi” yang disediakan oleh Microsoft. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengatur ulang kata sandi atau menghapusnya sehingga Anda dapat mengakses file tersebut kembali. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1: Buka file Excel yang terkunci dan masukkan kata sandi yang Anda ingat. Jika Anda tidak mengingat kata sandi sama sekali, lewati langkah ini.

Langkah 2: Klik pada tab “Review” di menu Excel. Kemudian, klik pada opsi “Lupa Kata Sandi”.

Langkah 3: Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi yang digunakan untuk membuka file tersebut. Jika Anda tidak mengingatnya, lewati langkah ini.

2. Menggunakan Software Pemulihan Kata Sandi

Jika Anda tidak dapat menggunakan fitur “Lupa Kata Sandi” atau Anda ingin mencoba alternatif lain, Anda dapat menggunakan software pemulihan kata sandi Excel. Ada banyak software yang tersedia secara online yang dirancang khusus untuk membantu Anda memulihkan kata sandi Excel yang terlupa. Beberapa software ini bahkan dapat memulihkan kata sandi yang kuat dalam waktu yang relatif singkat.

Langkah 1: Unduh dan instal software pemulihan kata sandi Excel yang dipilih.

Langkah 2: Buka software tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengimpor file Excel yang terkunci.

Langkah 3: Setelah software selesai memproses file Excel, kata sandi yang terlupakan akan ditampilkan atau file akan dibuka tanpa kata sandi.

3. Menghubungi Pembuat File Excel

Jika Anda tidak berhasil menggunakan kedua metode di atas, Anda dapat mencoba menghubungi pembuat file Excel. Mungkin mereka dapat membantu Anda mengingat atau menghapus kata sandi yang digunakan pada file tersebut. Menghubungi pembuat file Excel juga merupakan opsi yang baik jika file tersebut sangat penting dan tidak ada cara lain untuk mengaksesnya.

Langkah 1: Temukan informasi kontak pembuat file Excel. Jika Anda tidak tahu siapa pembuatnya, coba cari tahu melalui properti file atau metadata.

Langkah 2: Hubungi pembuat file dan jelaskan situasi Anda. Berikan informasi yang cukup detail tentang file tersebut agar mereka dapat membantu Anda dengan lebih baik.

Langkah 3: Harapkan respons yang berbeda tergantung pada pembuat file Excel. Mereka mungkin dapat memberikan kata sandi yang benar atau memberikan saran alternatif untuk membuka file tersebut.

4. Menggunakan Layanan Online

Ada beberapa layanan online yang memungkinkan Anda untuk mengunggah file Excel yang terkunci dan mereka akan membantu Anda membukanya. Layanan ini menggunakan metode pemulihan kata sandi yang canggih dan dapat membantu Anda membuka file Excel dalam waktu singkat.

Langkah 1: Temukan layanan online yang menyediakan pemulihan kata sandi Excel.

Langkah 2: Ikuti petunjuk yang diberikan oleh layanan untuk mengunggah file Excel yang terkunci.

Langkah 3: Tunggu beberapa saat hingga layanan menyelesaikan pemulihan kata sandi. Setelah selesai, Anda akan mendapatkan kata sandi atau file Excel yang terbuka.

5. Menggunakan Brute Force Attack

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba metode brute force attack untuk memulihkan kata sandi file Excel. Metode ini melibatkan pengujian semua kombinasi mungkin untuk mendapatkan kata sandi yang benar. Namun, perlu diingat bahwa metode ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan tidak dijamin berhasil.

Langkah 1: Unduh dan instal software brute force attack yang kompatibel dengan file Excel Anda.

Langkah 2: Buka software tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengimpor file Excel yang terkunci.

Langkah 3: Pilih opsi “Brute Force” dan atur preferensi sesuai kebutuhan Anda. Mulai proses brute force attack dan tunggu sampai software menemukan kata sandi yang benar atau Anda menghentikan prosesnya.

Mengetahui cara membuka file Excel yang terlindungi dengan kata sandi adalah penting, terutama jika Anda memiliki data penting yang perlu diakses. Namun, selalu ingat untuk menggunakan metode ini secara etis dan hanya pada file yang Anda miliki izin untuk membuka. Jangan menggunakan metode ini untuk tujuan ilegal atau mengakses file orang lain tanpa izin.

Jadi, itulah beberapa cara untuk mengetahui password protect Excel. Pilih metode yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan cobalah langkah-langkahnya satu per satu. Semoga berhasil!