Cara Mengganti Password File Excel

Anda mungkin pernah mengalami situasi di mana Anda perlu mengganti password pada file Excel Anda. Mungkin saja Anda lupa password yang lama atau ingin mengamankan file tersebut dengan password baru. Apapun alasan Anda, mengganti password file Excel tidaklah sulit jika Anda tahu caranya. Dalam artikel ini, saya akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengganti password file Excel.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa langkah-langkah yang akan saya jelaskan berlaku untuk versi Excel 2016 atau yang lebih baru. Jika Anda menggunakan versi Excel yang lebih lama, langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda. Jadi, pastikan Anda menggunakan versi yang tepat sebelum melanjutkan.

1. Membuka File Excel yang Dalam Keadaan Terkunci

Jika Anda ingin mengganti password pada file Excel yang sudah dalam keadaan terkunci, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membukanya menggunakan password lama. Setelah file terbuka, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Klik “File” di pojok kiri atas jendela Excel Anda, kemudian pilih “Protect Workbook” dan klik “Encrypt with Password”.

Langkah 2: Hapus password lama yang tertera di kotak teks dan biarkan kotak teks tersebut kosong. Setelah itu, klik “OK”.

Langkah 3: File Excel Anda sekarang sudah tidak terkunci lagi. Untuk mengganti password, ikuti langkah-langkah pada bagian berikutnya.

2. Mengganti Password File Excel yang Sudah Terbuka

Jika Anda ingin mengganti password file Excel yang sudah terbuka, langkah-langkah berikut akan membantu Anda:

Langkah 1: Klik “File” di pojok kiri atas jendela Excel Anda, kemudian pilih “Protect Workbook” dan klik “Encrypt with Password”.

Langkah 2: Ketik password baru yang ingin Anda gunakan pada kotak teks. Pastikan password yang Anda pilih aman dan mudah diingat.

Langkah 3: Setelah Anda memasukkan password baru, klik “OK”.

Langkah 4: Excel akan meminta Anda untuk mengonfirmasi password baru yang telah Anda masukkan. Ketikkan password baru sekali lagi pada kotak teks yang muncul, kemudian klik “OK”.

Langkah 5: File Excel Anda sekarang sudah terkunci dengan password baru yang telah Anda tentukan.

3. Membuka File Excel yang Terkunci Tanpa Password

Jika Anda lupa password dari file Excel Anda, jangan khawatir. Anda masih dapat membuka file tersebut tanpa harus mengetahui password aslinya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Gunakan program alternatif seperti “Excel Password Recovery” atau “PassFab for Excel” untuk membuka file Excel yang terkunci.

Langkah 2: Instal program tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk membuka file Excel yang terkunci.

Langkah 3: Setelah file terbuka, Anda dapat mengganti passwordnya dengan mengikuti langkah-langkah pada bagian sebelumnya.

4. Menggunakan Fitur “Info” untuk Mengganti Password

Jika Anda ingin mengganti password file Excel dengan menggunakan fitur “Info”, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah 1: Klik “File” di pojok kiri atas jendela Excel Anda, kemudian pilih “Info”.

Langkah 2: Di bagian bawah jendela “Info”, klik “Protect Workbook” dan pilih “Encrypt with Password”.

Langkah 3: Ketik password baru yang ingin Anda gunakan pada kotak teks. Pastikan password yang Anda pilih aman dan mudah diingat.

Langkah 4: Setelah Anda memasukkan password baru, klik “OK”.

Langkah 5: Excel akan meminta Anda untuk mengonfirmasi password baru yang telah Anda masukkan. Ketikkan password baru sekali lagi pada kotak teks yang muncul, kemudian klik “OK”.

Langkah 6: File Excel Anda sekarang sudah terkunci dengan password baru yang telah Anda tentukan.

5. Menghapus Password pada File Excel

Jika Anda ingin menghapus password pada file Excel, langkah-langkah berikut akan membantu Anda:

Langkah 1: Buka file Excel yang terkunci menggunakan password lama.

Langkah 2: Klik “File” di pojok kiri atas jendela Excel Anda, kemudian pilih “Protect Workbook” dan klik “Encrypt with Password”.

Langkah 3: Hapus password lama yang tertera di kotak teks dan biarkan kotak teks tersebut kosong. Setelah itu, klik “OK”.

Langkah 4: Excel akan meminta Anda untuk mengonfirmasi penghapusan password. Klik “OK” untuk menghapus password pada file Excel.

Langkah 5: File Excel Anda sekarang sudah tidak terkunci lagi dan tidak memerlukan password untuk membukanya.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan cara mengganti password pada file Excel dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Apakah Anda ingin mengganti password file Excel yang sudah terkunci atau ingin menghapus password pada file tersebut, langkah-langkah di atas akan membantu Anda mencapai tujuan Anda. Pastikan untuk selalu menggunakan password yang kuat dan aman untuk melindungi data Anda. Jika Anda lupa password, Anda masih memiliki opsi untuk membuka file Excel menggunakan program alternatif. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda dalam mengganti password file Excel Anda.