Cara Menghilangkan Password Excel Online

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan membuka file Excel yang terkunci dengan password? Jika iya, maka Anda tidak sendirian. Banyak pengguna Excel yang mengalami masalah ini, entah karena lupa password atau mungkin file tersebut telah diwariskan oleh orang lain. Namun, jangan khawatir! Di era digital ini, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan password Excel online tanpa harus mengunduh atau menginstal program tambahan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan password Excel online dengan mudah. Kami akan menjelaskan langkah-langkahnya dengan detail dan memberikan ringkasan singkat untuk setiap metode yang akan kami bahas. Jadi, mari kita mulai!

1. Menggunakan Layanan Online

Jika Anda mencari cara yang cepat dan mudah untuk menghilangkan password Excel online, Anda dapat menggunakan layanan online yang tersedia secara gratis. Layanan-layanan ini memungkinkan Anda untuk mengunggah file Excel yang terkunci dan kemudian mereka akan memberikan Anda file Excel yang tidak terkunci dalam waktu singkat. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus berhati-hati saat menggunakan layanan-layanan ini, karena Anda akan mengunggah file sensitif ke server mereka. Pastikan untuk menggunakan layanan yang tepercaya dan memiliki kebijakan privasi yang baik.

Berikut adalah tiga layanan online populer yang dapat Anda coba:

a. Online Excel Password Remover: Layanan ini memungkinkan Anda untuk mengunggah file Excel yang terkunci dan kemudian mereka akan menghapus passwordnya secara otomatis. Anda dapat mengunduh file Excel yang telah di-“unlocked” setelah proses selesai.

b. FreeMyPDF: Meskipun layanan ini sebenarnya ditujukan untuk penghapusan password PDF, Anda juga dapat menggunakan layanan ini untuk menghilangkan password Excel. Anda hanya perlu mengunggah file Excel yang terkunci dan mereka akan menghapus passwordnya.

c. Remove Security from Excel Workbook: Layanan ini menawarkan metode yang lebih aman untuk menghilangkan password Excel. Anda tidak perlu mengunggah file Anda ke server mereka, tetapi mereka akan memberikan Anda instruksi tentang cara menghilangkan password dengan menggunakan program Excel itu sendiri.

2. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin mengunggah file Anda ke server pihak ketiga, Anda juga dapat menggunakan software pihak ketiga yang dapat Anda unduh dan instal di komputer Anda. Berikut adalah beberapa software yang populer digunakan untuk menghilangkan password Excel:

a. PassFab for Excel: Software ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Anda hanya perlu mengunggah file Excel yang terkunci dan software ini akan secara otomatis menghapus passwordnya dalam waktu singkat.

b. iSeePassword Excel Password Remover: Software ini juga sangat mudah digunakan dan dapat menghapus password Excel dengan cepat. Anda hanya perlu mengunggah file Excel dan software ini akan menghapus passwordnya dalam hitungan detik.

c. Free Word Excel Password Recovery Wizard: Software ini dapat menghapus password Excel dengan cepat dan mudah. Anda hanya perlu mengunggah file Excel dan software ini akan melakukan serangan brute force untuk mencoba semua kombinasi password yang mungkin.

3. Menggunakan Macro

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang macro di Excel, Anda juga dapat menggunakan macro untuk menghilangkan password Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah 1: Buka file Excel yang terkunci dan tekan “Alt + F11” untuk membuka editor VBA.

Langkah 2: Pilih “Insert” dan kemudian pilih “Module” untuk membuat modul baru.

Langkah 3: Salin dan tempelkan kode macro berikut ke dalam modul:

Sub PasswordBreaker()Dim i As Integer, j As Integer, k As IntegerDim l As Integer, m As Integer, n As IntegerDim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As IntegerDim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As IntegerOn Error Resume NextFor i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) & _Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)If ActiveSheet.ProtectContents = False ThenMsgBox “One usable password is ” & Chr(i) & Chr(j) & _Chr(k) & Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & _Chr(i3) & Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)Exit SubEnd IfNext: Next: Next: Next: Next: NextNext: Next: Next: Next: Next: NextEnd Sub

Langkah 4: Tekan “F5” untuk menjalankan macro. Macro akan mencoba semua kombinasi password yang mungkin hingga menemukan password yang benar.

4. Menggunakan Password Recovery Tool

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang macro dan tidak ingin menggunakan layanan online atau software pihak ketiga, Anda dapat menggunakan password recovery tool khusus untuk menghilangkan password Excel. Berikut adalah beberapa alat pemulihan password yang populer:

a. Passper for Excel: Alat ini dapat membantu Anda menghapus password Excel dengan cepat dan efektif. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal software ini di komputer Anda. Setelah itu, Anda dapat membuka file Excel yang terkunci dan alat ini akan secara otomatis menghapus passwordnya.

b. Stellar Password Recovery for Excel: Alat pemulihan password ini juga sangat efektif dalam menghapus password Excel. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal software ini di komputer Anda, lalu mengunggah file Excel yang terkunci dan alat ini akan menghapus passwordnya dalam waktu singkat.

c. GuaPDF Excel Password Remover: Alat ini menyediakan metode yang aman dan efektif untuk menghilangkan password Excel. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal software ini di komputer Anda, lalu mengunggah file Excel yang terkunci dan alat ini akan menghapus passwordnya.

5. Menghubungi Pembuat File Excel

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau Anda tidak ingin menggunakan metode tersebut, Anda dapat mencoba menghubungi pembuat file Excel. Jika Anda mendapatkan file Excel dari orang lain, Anda dapat memintanya untuk memberikan passwordnya. Jika Anda membuat file Excel tersebut dan lupa passwordnya, Anda dapat mencoba mengingatnya atau mencoba mencari catatan atau dokumen lain yang mungkin berisi password tersebut.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam menghilangkan password Excel online, kami sarankan untuk mencoba beberapa metode di atas. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!