Cara Mengubah Akun Bisnis IG Menjadi Akun Pribadi

Mengubah akun Instagram bisnis menjadi akun pribadi mungkin merupakan keputusan yang perlu Anda ambil suatu saat. Mungkin Anda ingin menjaga privasi Anda atau hanya ingin menggunakan platform ini untuk bersenang-senang dengan teman dan keluarga. Apapun alasan Anda, mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi sangatlah mudah dilakukan. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkahnya secara detail.

Sebelum kita mulai, penting untuk dicatat bahwa mengubah akun bisnis Instagram menjadi akun pribadi akan menghapus semua fitur bisnis yang Anda miliki sebelumnya, seperti wawasan analitik dan tombol hubungi. Jika Anda ingin mengakses kembali fitur-fitur ini di masa depan, Anda harus mengubah akun Anda kembali menjadi akun bisnis dan menghubungkannya dengan halaman Facebook Anda. Namun, jika Anda yakin dengan keputusan Anda untuk mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Masuk ke Pengaturan Akun

Langkah pertama adalah masuk ke aplikasi Instagram dan buka profil Anda. Di pojok kanan atas, Anda akan melihat ikon tiga garis horizontal. Ketuk ikon ini, dan Anda akan melihat menu drop-down. Gulir ke bawah dan ketuk “Pengaturan”.

Setelah Anda masuk ke pengaturan akun, gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Akun Bisnis”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan.

Summary: Masuk ke aplikasi Instagram, buka profil Anda, ketuk ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas, pilih “Pengaturan”, dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Akun Bisnis”.

2. Ubah Ke Akun Pribadi

Setelah Anda masuk ke pengaturan akun bisnis, Anda akan melihat opsi “Beralih ke Akun Pribadi”. Ketuk opsi ini, dan Anda akan menerima notifikasi bahwa Anda akan kehilangan akses ke fitur bisnis jika Anda mengubah akun Anda. Jika Anda sudah yakin dengan keputusan Anda, ketuk “Ya” untuk melanjutkan.

Setelah Anda mengonfirmasi perubahan tersebut, akun Instagram Anda akan menjadi akun pribadi. Anda tidak akan lagi memiliki akses ke wawasan analitik dan fitur bisnis lainnya. Namun, Anda masih dapat menggunakan Instagram seperti biasa untuk berbagi foto dan video dengan pengikut Anda.

Summary: Pada pengaturan akun bisnis, ketuk opsi “Beralih ke Akun Pribadi”, konfirmasikan perubahan tersebut dengan mengetuk “Ya”, dan akun Anda sekarang akan menjadi akun pribadi tanpa fitur bisnis.

3. Atur Kembali Privasi Akun

Setelah Anda mengubah akun bisnis Instagram menjadi akun pribadi, penting untuk mengatur kembali privasi akun Anda. Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihat kiriman Anda, mengirimkan pesan kepada Anda, dan mengikuti Anda.

Anda dapat melakukan pengaturan ini di pengaturan privasi akun Anda. Untuk mengaksesnya, kembali ke menu pengaturan dengan mengetuk ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas, pilih “Pengaturan”, dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Privasi”. Di sini, Anda dapat mengatur preferensi privasi Anda sesuai keinginan.

Summary: Kembali ke menu pengaturan, pilih “Pengaturan”, dan gulir ke bawah hingga menemukan opsi “Privasi”. Di sini, Anda dapat mengatur preferensi privasi akun Anda.

4. Hapus Informasi Bisnis

Selanjutnya, setelah Anda mengubah akun bisnis Instagram menjadi akun pribadi, pastikan untuk menghapus semua informasi bisnis yang tidak lagi relevan. Misalnya, jika Anda memiliki informasi kontak bisnis di bio Anda, gantilah dengan informasi pribadi atau hapus jika tidak lagi diperlukan.

Anda juga dapat menghapus kiriman atau cerita yang berkaitan dengan bisnis Anda. Ini akan membantu menjaga keselarasan antara akun Anda yang sekarang bersifat pribadi dan konten yang ada di dalamnya.

Summary: Hapus informasi bisnis yang tidak lagi relevan di bio Anda dan hapus kiriman atau cerita yang berkaitan dengan bisnis Anda.

5. Tetapkan Tujuan Akun Pribadi Anda

Terakhir, setelah Anda mengubah akun bisnis Instagram menjadi akun pribadi, tetapkan tujuan baru untuk akun Anda. Mungkin Anda ingin menggunakan platform ini untuk berbagi momen sehari-hari dengan teman dan keluarga, atau mungkin Anda ingin mendapatkan pengikut baru yang tertarik dengan konten pribadi Anda.

Tentukan tema atau gaya konten yang ingin Anda bagikan, dan pastikan untuk berinteraksi dengan pengikut Anda secara aktif. Dengan menjaga akun Anda pribadi, Anda dapat memperluas jaringan sosial Anda dan membangun hubungan yang lebih akrab dengan pengikut Anda.

Summary: Tetapkan tujuan baru untuk akun pribadi Anda, tentukan tema atau gaya konten yang ingin Anda bagikan, dan berinteraksilah dengan pengikut Anda secara aktif.

Dalam kesimpulan, mengubah akun bisnis Instagram menjadi akun pribadi dapat dilakukan dengan mudah. Ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, dan Anda akan memiliki akun pribadi yang siap untuk digunakan. Ingatlah bahwa dengan mengubah akun Anda menjadi akun pribadi, Anda akan kehilangan akses ke fitur-fitur bisnis. Pertimbangkanlah dengan matang sebelum membuat keputusan ini, dan pastikan Anda siap untuk mengelola akun pribadi Anda dengan baik.

Jadi, jika Anda ingin menjaga privasi Anda, mengubah fokus akun Anda, atau hanya ingin menggunakan Instagram untuk bersenang-senang dengan teman dan keluarga, mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi adalah pilihan yang tepat untuk Anda!