Cara Mengubah Akun IG dari Bisnis ke Pribadi

Instagram adalah salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia saat ini. Banyak pengguna Instagram yang memulai dengan membuat akun bisnis untuk mempromosikan produk atau jasa mereka. Namun, ada kalanya ketika Anda ingin mengubah akun bisnis Anda menjadi akun pribadi. Bagaimana cara melakukannya? Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci langkah-langkah untuk mengubah akun Instagram dari bisnis ke pribadi.

Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, ada baiknya untuk mengetahui alasan mengapa seseorang ingin mengubah akun Instagram mereka dari bisnis ke pribadi. Salah satu alasannya adalah privasi. Dalam akun bisnis, informasi tentang bisnis Anda akan terlihat oleh publik, termasuk data seperti alamat email dan nomor telepon. Dengan mengubah akun Anda menjadi pribadi, Anda dapat membatasi akses informasi ini hanya untuk orang-orang yang Anda izinkan.

1. Menghapus Fitur Bisnis

Langkah pertama dalam mengubah akun Instagram dari bisnis ke pribadi adalah dengan menghapus fitur bisnis dari akun Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Anda. Setelah itu, buka profil Anda dan ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas layar. Pilih “Pengaturan” di menu yang muncul, kemudian gulir ke bawah dan pilih “Akun”. Di bawah kategori “Bisnis”, pilih “Beralih ke Akun Pribadi”.

Setelah Anda memilih “Beralih ke Akun Pribadi”, Instagram akan meminta Anda mengisi alasan mengapa Anda ingin mengubah akun Anda menjadi pribadi. Pilih alasan yang paling relevan dengan situasi Anda dan kemudian ketuk “Selesai”.

2. Mengatur Privasi Akun

Setelah Anda mengubah akun Anda menjadi pribadi, langkah selanjutnya adalah mengatur privasi akun Anda. Dengan mengatur privasi, Anda dapat mengontrol siapa yang dapat melihat postingan Anda, mengirimkan pesan kepada Anda, atau mengikuti Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur privasi akun Anda:

Pertama, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Anda. Setelah itu, buka profil Anda dan ketuk ikon tiga garis di pojok kanan atas layar. Pilih “Pengaturan” di menu yang muncul, kemudian gulir ke bawah dan pilih “Privasi”. Di bawah kategori “Akun Pribadi”, aktifkan opsi “Akun Pribadi”.

Setelah mengaktifkan opsi “Akun Pribadi”, Anda dapat memilih siapa yang dapat melihat postingan Anda. Anda dapat memilih di antara “Pengikut” atau “Pengikut dan Orang yang Saya Ikuti”. Selain itu, Anda juga dapat mengatur siapa yang dapat mengirimkan pesan kepada Anda dan mengatur siapa yang dapat mengikuti Anda.

3. Menghapus Informasi Bisnis

Selanjutnya, setelah Anda mengubah akun Instagram Anda dari bisnis ke pribadi, penting untuk menghapus informasi bisnis yang tidak relevan. Ini termasuk informasi kontak bisnis seperti alamat email dan nomor telepon. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus informasi bisnis dari akun Anda:

Pertama, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Anda. Setelah itu, buka profil Anda dan ketuk ikon “Edit Profil”. Gulir ke bawah sampai Anda menemukan bagian “Informasi Kontak Bisnis”. Kemudian, hapus alamat email dan nomor telepon yang terdaftar di sana.

Setelah menghapus informasi bisnis, pastikan untuk menyimpan perubahan dengan menekan tombol “Selesai”. Dengan menghapus informasi bisnis dari akun Anda, Anda dapat menjaga privasi Anda dengan lebih baik dan membatasi akses informasi pribadi Anda.

4. Mengubah Nama Pengguna

Jika Anda ingin mengubah nama pengguna akun Instagram Anda setelah mengubahnya dari bisnis ke pribadi, Anda dapat melakukannya dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Anda. Setelah itu, buka profil Anda dan ketuk ikon “Edit Profil”. Di bagian atas layar, Anda akan melihat bidang “Nama Pengguna”. Ketuk bidang ini dan masukkan nama pengguna baru yang Anda inginkan.

Setelah Anda memasukkan nama pengguna baru, pastikan untuk menyimpan perubahan dengan menekan tombol “Selesai”. Instagram akan melakukan pemeriksaan ketersediaan nama pengguna baru tersebut, dan jika tersedia, nama pengguna Anda akan diubah.

5. Menghapus Postingan Bisnis

Terakhir, setelah Anda mengubah akun Instagram Anda dari bisnis ke pribadi, Anda mungkin ingin menghapus postingan bisnis yang tidak relevan atau tidak ingin ditampilkan di akun pribadi Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus postingan bisnis:

Pertama, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Anda. Setelah itu, buka profil Anda dan pilih postingan bisnis yang ingin Anda hapus. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas postingan tersebut, kemudian pilih “Hapus”.

Setelah Anda memilih “Hapus”, Instagram akan meminta Anda mengonfirmasi tindakan tersebut. Ketuk “Hapus” sekali lagi untuk menghapus postingan. Ulangi langkah ini untuk setiap postingan bisnis yang ingin Anda hapus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengubah akun Instagram Anda dari bisnis ke pribadi dengan mudah. Jaga privasi Anda dengan mengatur privasi akun, menghapus informasi bisnis yang tidak relevan, mengubah nama pengguna, dan menghapus postingan bisnis yang tidak ingin ditampilkan. Nikmati pengalaman baru dengan akun pribadi Anda di Instagram!