Cara Menonaktifkan Akun Bisnis di IG

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler di dunia. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya, Instagram telah menjadi tempat yang ideal bagi bisnis untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Namun, ada kalanya Anda mungkin perlu menonaktifkan akun bisnis Anda di Instagram. Mungkin Anda ingin mengambil jeda dari bisnis Anda atau mungkin Anda ingin beralih ke platform media sosial lain. Apapun alasannya, artikel ini akan memberikan panduan tentang cara menonaktifkan akun bisnis di Instagram.

Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, penting untuk dicatat bahwa menonaktifkan akun bisnis di Instagram berbeda dengan menghapus akun. Menonaktifkan akun bisnis hanya akan menonaktifkan fitur-fitur bisnis seperti promosi dan analitik, sementara semua konten dan pengikut akan tetap ada. Anda masih dapat mengaktifkan kembali akun bisnis Anda kapan saja Anda mau. Jika Anda ingin menghapus akun Instagram secara permanen, Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang berbeda.

1. Masuk ke Pengaturan Akun

Langkah pertama dalam menonaktifkan akun bisnis di Instagram adalah masuk ke pengaturan akun Anda. Untuk melakukannya, buka aplikasi Instagram di ponsel Anda dan masuk ke akun bisnis Anda. Setelah masuk, ketuk ikon profil di pojok kanan bawah layar Anda. Selanjutnya, ketuk ikon tiga garis horizontal di pojok kanan atas layar Anda untuk membuka menu pengaturan.

Setelah Anda membuka menu pengaturan, gulir ke bawah dan temukan opsi “Akun”. Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan akun Anda. Di bagian bawah halaman pengaturan akun, Anda akan menemukan opsi “Nonaktifkan Akun Sementara”. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Setelah Anda mengetuk “Nonaktifkan Akun Sementara”, Instagram akan meminta alasan mengapa Anda ingin menonaktifkan akun Anda. Pilih alasan yang paling sesuai dengan situasi Anda dan ketuk “Lanjutkan”. Instagram akan memberi Anda kesempatan terakhir untuk mempertimbangkan keputusan Anda sebelum menonaktifkan akun Anda. Jika Anda yakin dengan keputusan Anda, ketuk “Nonaktifkan Akun Sementara” untuk menonaktifkan akun bisnis Anda di Instagram.

2. Akun Bisnis Tidak Akan Terlihat

Saat Anda menonaktifkan akun bisnis di Instagram, akun Anda tidak akan terlihat oleh pengguna lain. Konten yang telah Anda posting juga tidak akan terlihat oleh pengguna lain. Namun, penting untuk diingat bahwa konten Anda tidak akan dihapus atau diubah. Ketika Anda memutuskan untuk mengaktifkan kembali akun bisnis Anda, semua konten dan pengikut akan tetap ada.

Menonaktifkan akun bisnis juga akan mempengaruhi fitur-fitur bisnis yang Anda gunakan di Instagram. Misalnya, Anda tidak akan lagi dapat mengakses data analitik tentang pengikut dan postingan Anda. Anda juga tidak akan lagi dapat mempromosikan postingan atau membuat iklan di Instagram. Jadi, pastikan untuk mempertimbangkan semua ini sebelum memutuskan untuk menonaktifkan akun bisnis Anda.

Jika Anda ingin mengaktifkan kembali akun bisnis Anda di Instagram, Anda hanya perlu masuk kembali ke aplikasi dan mengikuti langkah-langkah yang sama seperti yang dijelaskan sebelumnya. Instagram akan mengaktifkan kembali akun bisnis Anda dengan semua pengikut dan konten yang terlebih dahulu ada.

3. Menghapus Aplikasi Instagram

Menonaktifkan akun bisnis di Instagram mungkin tidak cukup jika Anda ingin mengambil jeda sepenuhnya dari platform ini. Jika Anda ingin benar-benar menghindari godaan untuk membuka akun bisnis Anda, Anda juga dapat menghapus aplikasi Instagram dari ponsel Anda. Dengan menghapus aplikasi, Anda tidak akan menerima pemberitahuan atau memiliki akses langsung ke akun Anda.

Untuk menghapus aplikasi Instagram, cari ikon aplikasi di layar ponsel Anda dan tahan ikon tersebut. Setelah itu, pilih opsi “Hapus Aplikasi” atau “Uninstall” tergantung pada jenis ponsel Anda. Konfirmasikan penghapusan aplikasi dan Instagram akan dihapus dari ponsel Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa menghapus aplikasi tidak akan menghapus akun Anda. Jadi jika Anda ingin mengaktifkan kembali akun bisnis Anda di masa depan, Anda masih dapat melakukannya dengan mengunduh kembali aplikasi Instagram dan masuk dengan akun Anda.

4. Menghapus Koneksi dengan Facebook

Jika Anda telah menghubungkan akun bisnis Instagram Anda dengan akun Facebook Anda, Anda juga dapat memutuskan koneksi ini ketika menonaktifkan akun bisnis di Instagram. Untuk melakukannya, buka pengaturan akun bisnis Anda di Instagram dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan “Pilihan yang Dihubungkan”. Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan koneksi dengan platform lain.

Di bagian “Pilihan yang Dihubungkan”, Anda akan melihat opsi “Facebook”. Ketuk opsi ini dan Instagram akan menampilkan informasi tentang koneksi Anda dengan Facebook. Ketuk opsi “Hapus Koneksi” untuk memutuskan koneksi antara akun bisnis Instagram dan akun Facebook Anda. Setelah Anda memutuskan koneksi ini, informasi tentang aktivitas Instagram Anda tidak akan lagi muncul di profil atau beranda Facebook Anda.

Jika Anda ingin menghubungkan kembali akun bisnis Instagram Anda dengan akun Facebook Anda, Anda dapat melakukannya kapan saja dengan mengikuti langkah-langkah yang sama seperti yang dijelaskan sebelumnya. Instagram akan meminta izin Anda untuk menghubungkan kedua akun tersebut kembali.

5. Mengaktifkan Kembali Akun Bisnis

Jika Anda telah mengambil jeda dari bisnis Anda dan ingin mengaktifkan kembali akun bisnis di Instagram, Anda dapat melakukannya kapan saja. Untuk mengaktifkan kembali akun bisnis, cukup masuk ke aplikasi Instagram dan masuk dengan akun bisnis Anda. Setelah Anda masuk, akun bisnis Anda akan diaktifkan kembali dengan semua pengikut dan konten yang ada sebelumnya. Anda juga akan mendapatkan kembali akses ke fitur-fitur bisnis seperti promosi dan analitik.

Ingatlah bahwa mengaktifkan kembali akun bisnis di Instagram tidak akan mengembalikan koneksi dengan Facebook jika Anda sebelumnya telah memutuskan koneksi ini. Jika Anda ingin menghubungkan kembali akun bisnis Instagram dengan akun Facebook, Anda perlu mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan sebelumnya. Instagram akan meminta izin Anda untuk menghubungkan kedua akun tersebut kembali.

Penutup

Menonaktifkan akun bisnis di Instagram dapat menjadi pilihan yang tepat jika Anda membutuhkan jeda dari bisnis Anda atau ingin beralih ke platform media sosial lain. Namun, pastikan untuk mempertimbangkan dampaknya pada fitur-fitur bisnis dan konten Anda sebelum mengambil keputusan tersebut. Jika Anda siap untuk menonaktifkan akun bisnis Instagram Anda, ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas. Dan jika Anda ingin mengaktifkan kembali akun bisnis Anda di masa depan, Anda dapat melakukannya dengan mudah. Instagram akan menyimpan semua konten dan pengikut Anda untuk Anda kembali gunakan.