Cara Password Folder di Windows 10

Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Dengan fitur-fitur canggih dan antarmuka yang mudah digunakan, Windows 10 menjadi pilihan utama bagi banyak orang. Namun, ada momen di mana kita perlu menjaga privasi kita dengan lebih baik, terutama ketika ada file atau folder yang bersifat pribadi dan tidak ingin diakses oleh orang lain. Untuk itu, cara password folder di Windows 10 dapat menjadi solusi yang tepat untuk menjaga keamanan file dan folder pribadi kita.

Dengan cara password folder di Windows 10, Anda dapat mengunci akses ke folder tertentu sehingga hanya Anda yang dapat membukanya dengan kata sandi yang telah Anda tentukan. Ini adalah cara yang efektif untuk menjaga kerahasiaan file dan folder Anda, terutama jika Anda sering berbagi komputer dengan orang lain atau jika komputer Anda terhubung ke jaringan yang dapat diakses oleh banyak orang.

1. Menggunakan Fitur Bawaan Windows 10

Windows 10 menyediakan fitur bawaan yang memungkinkan Anda untuk mengunci folder dengan kata sandi. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buka File Explorer dan cari folder yang ingin Anda kunci. Klik kanan pada folder tersebut dan pilih “Properties” dari menu dropdown. Di jendela Properties, pilih tab “General” dan klik tombol “Advanced”. Di jendela Advanced Attributes, centang kotak “Encrypt contents to secure data” dan klik “OK”. Setelah itu, klik “Apply” dan “OK” untuk menyimpan perubahan. Folder Anda sekarang telah dikunci dengan kata sandi.

Keuntungan menggunakan fitur bawaan Windows 10 adalah Anda tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga tambahan. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk edisi Windows 10 Pro, Enterprise, dan Education. Jika Anda menggunakan edisi Windows 10 Home, Anda perlu mencari solusi alternatif.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda menggunakan edisi Windows 10 Home atau jika Anda ingin fitur yang lebih lengkap dan lebih mudah digunakan, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mengunci folder di Windows 10. Salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Folder Lock. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan aplikasi ini:

Pertama, unduh dan instal aplikasi Folder Lock. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi tersebut dan buat kata sandi master yang kuat. Setelah itu, pilih “Lock Files” dari menu utama aplikasi. Pilih folder yang ingin Anda kunci, klik “OK”, dan masukkan kata sandi yang telah Anda buat sebelumnya. Folder Anda sekarang telah dikunci dengan kata sandi.

Aplikasi Folder Lock juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti enkripsi file, penyembunyian file, dan pengunci aplikasi. Ini adalah pilihan yang tepat jika Anda membutuhkan keamanan tambahan untuk file dan folder Anda.

3. Menggunakan Fitur BitLocker

Jika Anda menggunakan edisi Windows 10 Pro atau Enterprise, Anda dapat menggunakan fitur BitLocker yang disediakan oleh Windows. BitLocker adalah fitur enkripsi disk penuh yang dapat digunakan untuk mengunci folder atau partisi tertentu. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan BitLocker:

Pertama, buka File Explorer dan cari folder yang ingin Anda kunci. Klik kanan pada folder tersebut dan pilih “Turn on BitLocker” dari menu dropdown. Di jendela BitLocker, pilih “Use a password to unlock the drive” dan masukkan kata sandi yang kuat. Setelah itu, pilih metode pemulihan, seperti menyimpan kunci pemulihan di akun Microsoft atau menyimpannya di file. Setelah semua pengaturan selesai, klik “Start encrypting”. Folder Anda sekarang telah dikunci dengan kata sandi menggunakan BitLocker.

Fitur BitLocker sangat berguna jika Anda ingin mengunci seluruh disk atau partisi. Namun, jika Anda hanya ingin mengunci folder tertentu, Anda dapat menggunakan fitur bawaan Windows 10 atau aplikasi pihak ketiga.

4. Menggunakan Perangkat Lunak Pengunci Folder

Selain aplikasi Folder Lock, ada banyak perangkat lunak pengunci folder lainnya yang dapat Anda gunakan. Beberapa perangkat lunak ini termasuk Wise Folder Hider, SecretFolder, dan My Lockbox. Cara kerjanya hampir sama dengan aplikasi Folder Lock, Anda hanya perlu mengunduh, menginstal, dan mengatur kata sandi untuk folder yang ingin Anda kunci.

Keuntungan menggunakan perangkat lunak pengunci folder adalah Anda dapat dengan mudah mengunci dan membuka kunci folder dengan kata sandi yang telah Anda tentukan, tanpa mempengaruhi file asli. Namun, pastikan Anda mengunduh perangkat lunak dari sumber yang terpercaya dan melakukan penelitian terlebih dahulu sebelum menginstalnya.

5. Menggunakan Folder Tersembunyi

Jika Anda hanya ingin menyembunyikan folder dari pandangan orang lain tanpa mengunci akses ke folder tersebut, Anda dapat menggunakan fitur folder tersembunyi yang disediakan oleh Windows. Berikut adalah langkah-langkah untuk menyembunyikan folder:

Pertama, buka File Explorer dan cari folder yang ingin Anda sembunyikan. Klik kanan pada folder tersebut dan pilih “Properties” dari menu dropdown. Di jendela Properties, centang kotak “Hidden” di bagian Attributes dan klik “Apply” dan “OK”. Folder Anda sekarang telah disembunyikan dari pandangan orang lain. Untuk melihat folder tersembunyi, Anda perlu mengatur File Explorer untuk menampilkan file dan folder tersembunyi.

Fitur folder tersembunyi tidak memberikan perlindungan yang kuat seperti fitur penguncian folder, namun dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda hanya ingin menyembunyikan folder dari pandangan orang lain tanpa mengunci akses ke folder tersebut.