Cara Ubah Akun Instagram dari Bisnis ke Pribadi

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler di dunia, dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya. Banyak orang menggunakan Instagram untuk berbagi momen sehari-hari, mempromosikan bisnis, atau membangun merek pribadi. Namun, terkadang seseorang mungkin ingin mengubah akun Instagram bisnis mereka menjadi akun pribadi. Apakah Anda juga ingin melakukan hal yang sama? Artikel ini akan memberi Anda panduan langkah demi langkah tentang cara mengubah akun Instagram dari bisnis ke pribadi.

Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, penting untuk memahami perbedaan antara akun Instagram bisnis dan pribadi. Akun bisnis memberikan Anda akses ke berbagai fitur tambahan yang dirancang khusus untuk pengguna yang ingin mempromosikan bisnis mereka, seperti analitik, tombol hubungi, dan kemampuan untuk membuat iklan. Di sisi lain, akun pribadi lebih cocok untuk pengguna yang ingin menjaga privasi dan berinteraksi dengan teman dan keluarga tanpa campur tangan dari aspek bisnis.

1. Mengakses Pengaturan Akun

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Anda. Setelah masuk, pergilah ke profil Anda dengan mengetuk ikon profil di kanan bawah layar. Kemudian, ketuk ikon tiga garis horizontal di kanan atas layar untuk membuka menu. Gulir ke bawah dalam menu dan ketuk opsi “Pengaturan”.

Setelah Anda masuk ke pengaturan akun, Anda akan melihat berbagai opsi yang dapat Anda sesuaikan, termasuk privasi, keamanan, notifikasi, dan lain-lain. Pada bagian atas halaman, Anda akan melihat “Akun” dengan ikon kunci dan pengaturan lainnya di sebelahnya. Ketuk opsi “Akun” untuk melanjutkan.

Di halaman pengaturan akun, Anda akan menemukan berbagai pengaturan yang berkaitan dengan akun Anda, termasuk jenis akun dan informasi pribadi. Inilah tempat Anda dapat mengubah akun Instagram Anda dari bisnis ke pribadi.

2. Mengubah Jenis Akun

Setelah Anda masuk ke halaman pengaturan akun, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Beralih ke akun pribadi” atau “Switch to Personal Account”. Ketuk opsi ini untuk mengubah jenis akun Anda menjadi akun pribadi.

Setelah Anda mengklik opsi tersebut, Instagram akan menampilkan informasi tentang apa yang akan Anda kehilangan dengan mengubah akun Anda menjadi pribadi, seperti analitik dan informasi kontak bisnis. Jika Anda yakin ingin melanjutkan, ketuk opsi “Ya” atau “Yes”.

Selamat! Anda telah berhasil mengubah akun Instagram Anda dari bisnis ke pribadi. Sekarang Anda akan dapat menikmati pengalaman Instagram yang lebih pribadi dan fokus pada interaksi dengan teman dan keluarga.

3. Mengatur Privasi Akun

Setelah Anda mengubah akun Instagram Anda menjadi akun pribadi, penting untuk mengatur privasi akun Anda. Dalam pengaturan akun, ketuk opsi “Privasi” untuk mengakses pengaturan privasi Anda.

Di halaman pengaturan privasi, Anda akan menemukan berbagai opsi yang dapat Anda sesuaikan sesuai dengan preferensi Anda. Misalnya, Anda dapat mengatur siapa yang dapat melihat postingan Anda, mengirimkan pesan kepada Anda, atau mengikuti Anda. Sesuaikan pengaturan privasi Anda sesuai dengan keinginan Anda untuk menjaga privasi akun Instagram pribadi Anda.

Tak lupa, Anda juga dapat memilih untuk mengatur akun Anda menjadi pribadi sehingga hanya orang-orang yang mengajukan permintaan dapat mengikuti Anda. Ini memberi Anda kendali lebih besar atas siapa yang dapat melihat konten Anda dan berinteraksi dengan Anda di Instagram.

4. Menghapus Informasi Bisnis

Selanjutnya, setelah Anda mengubah akun Instagram Anda dari bisnis ke pribadi, penting untuk menghapus informasi bisnis yang tidak lagi relevan atau diinginkan pada profil Anda. Misalnya, Anda dapat menghapus tombol “Hubungi” yang mungkin ada sebelumnya atau menghapus kategori bisnis yang terkait dengan akun Anda.

Untuk menghapus tombol “Hubungi”, kembali ke pengaturan profil Anda dengan mengetuk ikon profil di kanan bawah layar dan ketuk ikon “Edit Profil” di atas foto profil Anda. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Hubungi” dan ketuk tanda kurang (-) di sebelahnya untuk menghapusnya.

Untuk menghapus kategori bisnis, ketuk opsi “Kategori Bisnis” di halaman “Edit Profil” dan hapus kategori yang ada dengan mengetuknya dan memilih opsi “Hapus” atau “Remove”.

5. Mengubah Fokus Konten

Terakhir, setelah Anda mengubah akun Instagram Anda dari bisnis ke pribadi, Anda mungkin ingin mengubah fokus konten Anda. Sebagai akun pribadi, Anda dapat lebih bebas dalam membagikan momen sehari-hari, foto keluarga, atau minat pribadi Anda.

Pertimbangkan untuk menghapus postingan yang berhubungan dengan bisnis Anda sebelumnya dan menggantinya dengan konten yang lebih pribadi dan relevan dengan kehidupan Anda saat ini. Ini akan memberikan pengikut Anda gambaran yang lebih jelas tentang kehidupan pribadi Anda dan memungkinkan mereka untuk lebih terlibat dengan konten Anda.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana di atas, Anda dapat dengan mudah mengubah akun Instagram Anda dari bisnis ke pribadi. Ingatlah bahwa keputusan ini dapat memengaruhi cara Anda menggunakan Instagram, jadi pastikan untuk mempertimbangkan dengan baik sebelum membuat perubahan. Nikmati pengalaman Instagram yang lebih pribadi dan fokus pada hubungan yang lebih dekat dengan teman dan keluarga!