Cara Ubah Akun Instagram dari Bisnis ke Privat

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang sangat populer di kalangan pengguna internet. Banyak individu maupun bisnis yang menggunakan Instagram untuk mempromosikan produk, jasa, atau juga untuk membangun brand awareness. Namun, terkadang ada beberapa alasan mengapa seseorang ingin mengubah akun Instagram mereka dari akun bisnis menjadi akun privat. Apakah Anda juga ingin tahu cara mengubah akun Instagram dari bisnis ke privat? Simak artikel ini untuk mengetahui langkah-langkahnya!

Sebelum kita membahas langkah-langkah mengubah akun Instagram dari bisnis ke privat, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu akun bisnis dan akun privat di Instagram. Akun bisnis adalah jenis akun yang dirancang khusus untuk keperluan bisnis atau promosi. Fitur-fitur yang terdapat dalam akun bisnis lebih lengkap, seperti statistik penggunaan, tombol hubungi, dan masih banyak lagi. Sementara itu, akun privat adalah jenis akun yang hanya dapat dilihat oleh pengikut yang telah disetujui oleh pemilik akun.

1. Mengubah jenis akun Instagram

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk mengubah akun Instagram dari bisnis ke privat adalah dengan mengubah jenis akun. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu masuk ke pengaturan akun dan pilih opsi “Ubah ke Akun Pribadi”. Setelah Anda mengubah jenis akun, fitur-fitur bisnis seperti statistik penggunaan dan tombol hubungi akan dihilangkan. Namun, Anda masih dapat melihat statistik penggunaan yang telah terjadi sebelumnya.

Setelah Anda mengubah jenis akun Instagram, pastikan Anda memahami bahwa akun Anda akan menjadi privat dan hanya dapat dilihat oleh pengikut yang telah Anda setujui. Jika sebelumnya Anda memiliki pengikut yang berasal dari akun bisnis, pengikut tersebut tidak akan secara otomatis menjadi pengikut Anda di akun privat. Anda perlu mengirimkan permintaan mengikuti kepada mereka atau mereka perlu mengirimkan permintaan mengikuti kepada Anda.

2. Mengatur privasi akun

Setelah mengubah akun Instagram Anda menjadi akun privat, langkah selanjutnya adalah mengatur privasi akun. Caranya adalah dengan masuk ke pengaturan akun dan pilih opsi “Privasi”. Di sini, Anda dapat mengatur siapa saja yang dapat mengirimkan permintaan mengikuti kepada Anda, serta siapa saja yang dapat melihat konten yang Anda bagikan di Instagram.

Anda juga dapat mengatur apakah Anda ingin menerima pesan langsung dari semua orang atau hanya dari pengikut Anda. Jika Anda ingin mengontrol siapa saja yang dapat mengirimkan pesan langsung kepada Anda, disarankan untuk memilih opsi “Mengikuti” pada pengaturan pesan langsung.

3. Mengatur permintaan mengikuti

Setelah mengatur privasi akun, langkah berikutnya adalah mengatur permintaan mengikuti. Anda dapat memilih siapa saja yang dapat mengirimkan permintaan mengikuti kepada Anda. Pilihan yang tersedia adalah “Semua orang” atau “Hanya pengikut Anda”. Jika Anda ingin memiliki kendali penuh atas siapa saja yang dapat mengikuti akun Anda, disarankan untuk memilih opsi “Hanya pengikut Anda”.

Anda juga dapat mengatur apakah Anda ingin menyetujui setiap permintaan mengikuti secara manual atau secara otomatis. Jika Anda ingin memiliki kendali penuh atas pengikut Anda, disarankan untuk memilih opsi “Manual”. Dengan begitu, Anda dapat meninjau setiap permintaan mengikuti dan memutuskan apakah ingin menerima atau menolaknya.

4. Menghapus informasi bisnis

Setelah mengubah akun Instagram dari bisnis ke privat, langkah selanjutnya adalah menghapus informasi bisnis. Hal ini termasuk menghapus nomor telepon dan alamat email yang terhubung dengan akun bisnis, serta menghapus kategori bisnis yang ditampilkan pada profil akun Anda.

Untuk menghapus informasi bisnis, masuklah ke pengaturan akun dan pilih opsi “Bisnis” atau “Profil”. Di sini, Anda dapat menghapus nomor telepon dan alamat email yang terhubung dengan akun bisnis. Juga, pastikan untuk menghapus kategori bisnis yang muncul pada profil akun Anda.

5. Mengkomunikasikan perubahan kepada pengikut

Langkah terakhir dalam mengubah akun Instagram dari bisnis ke privat adalah mengkomunikasikan perubahan tersebut kepada pengikut Anda. Anda dapat melakukan hal ini melalui postingan atau melalui cerita Instagram. Beritahukan kepada pengikut Anda bahwa Anda telah mengubah akun Instagram menjadi akun privat dan jelaskan alasan di balik keputusan tersebut.

Anda juga dapat memberikan informasi kepada pengikut Anda tentang bagaimana mereka dapat mengikuti akun privat Anda. Jelaskan kepada mereka bahwa mereka perlu mengirimkan permintaan mengikuti kepada Anda atau Anda perlu mengirimkan permintaan mengikuti kepada mereka. Berikan instruksi yang jelas tentang bagaimana mereka dapat melakukan hal ini, sehingga mereka tidak kebingungan.

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara mengubah akun Instagram dari bisnis ke privat. Jika Anda memiliki alasan atau kebutuhan untuk mengubah akun Instagram Anda menjadi akun privat, ikuti langkah-langkah yang telah kami jelaskan di atas. Ingatlah untuk selalu berkomunikasi dengan pengikut Anda tentang perubahan yang Anda lakukan agar mereka tetap terhubung dengan akun Anda.