Cara Unlock VBA Project Password Excel

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam membuka file Excel yang dilindungi dengan kata sandi VBA Project? Jika iya, maka Anda berada di tempat yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membagikan kepada Anda cara unlock VBA Project password Excel dengan mudah dan cepat. Kami akan memberikan langkah-langkah yang terperinci dan jelas sehingga Anda dapat mengatasi masalah ini tanpa perlu meminta bantuan orang lain.

VBA Project adalah fitur di Microsoft Excel yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan menjalankan kode makro. Namun, jika Anda lupa kata sandi VBA Project, Anda tidak akan dapat mengedit atau menjalankan kode tersebut. Hal ini bisa menjadi masalah besar jika Anda ingin memodifikasi atau memperbaiki kode makro yang ada dalam file Excel. Oleh karena itu, mengetahui cara unlock VBA Project password Excel sangatlah penting.

1. Menggunakan VBA Password Remover

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan VBA Password Remover. Ini adalah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk membantu pengguna dalam menghapus kata sandi VBA Project. Untuk menggunakan VBA Password Remover, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal VBA Password Remover. Setelah itu, buka file Excel yang dilindungi dengan kata sandi VBA Project. Setelah file terbuka, jalankan VBA Password Remover. Kemudian, pilih file yang ingin Anda buka dan klik pada tombol “Remove Password”. Setelah beberapa detik, kata sandi VBA Project akan dihapus dan Anda dapat mengedit atau menjalankan kode makro yang ada dalam file Excel tersebut.

2. Menggunakan Kode VBA

Jika Anda tidak ingin menggunakan perangkat lunak tambahan, Anda juga dapat menggunakan kode VBA untuk menghapus kata sandi VBA Project. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah pertama adalah membuka file Excel yang dilindungi dengan kata sandi VBA Project. Setelah file terbuka, tekan tombol “Alt + F11” untuk membuka editor VBA. Di editor VBA, klik dua kali pada “ThisWorkbook” di panel sebelah kiri. Kemudian, salin dan tempelkan kode VBA berikut:

Setelah Anda menyalin dan menempelkan kode VBA, tekan tombol “F5” atau klik pada tombol “Run Sub/UserForm” di toolbar. Kode VBA akan berjalan dan kata sandi VBA Project akan dihapus. Anda sekarang dapat mengedit atau menjalankan kode makro dalam file Excel tersebut.

3. Menghubungi Pembuat File

Jika kedua metode di atas tidak berhasil atau Anda tidak ingin mencoba sendiri, cara lain yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi pembuat file Excel tersebut. Mereka mungkin memiliki kata sandi VBA Project atau mereka dapat membuka kode makro untuk Anda. Namun, pastikan untuk memiliki alasan yang valid dan meminta izin mereka sebelum menghubungi pembuat file.

Anda juga dapat mencoba mencari bantuan di forum dan komunitas online. Ada banyak ahli Excel yang bersedia membantu dan memberikan saran tentang cara unlock VBA Project password Excel. Namun, ingatlah untuk tidak membagikan file Excel Anda kepada orang yang tidak dikenal atau tidak terpercaya.

4. Menggunakan Layanan Online

Jika Anda tidak ingin menginstal perangkat lunak tambahan di komputer Anda, Anda juga dapat menggunakan layanan online untuk membantu Anda dalam menghapus kata sandi VBA Project. Ada beberapa layanan online yang menawarkan solusi ini. Anda hanya perlu mengunggah file Excel Anda ke layanan tersebut dan mereka akan menghapus kata sandi VBA Project untuk Anda.

Sebelum menggunakan layanan online, pastikan untuk membaca ulasan pengguna sebelumnya dan memastikan bahwa layanan tersebut aman dan terpercaya. Juga, pastikan untuk menghapus file Excel dari server mereka setelah kata sandi VBA Project dihapus.

5. Backup File Excel

Langkah terakhir yang dapat Anda ambil adalah melakukan backup file Excel sebelum melindunginya dengan kata sandi VBA Project. Dengan melakukan backup, Anda dapat menghindari kehilangan akses ke kode makro jika Anda lupa atau kehilangan kata sandi VBA Project. Selalu ingat untuk menyimpan backup file Excel di tempat yang aman dan terlindung.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan cara unlock VBA Project password Excel yang mudah dan cepat. Anda dapat menggunakan VBA Password Remover, kode VBA, atau menghubungi pembuat file untuk membantu Anda dalam menghapus kata sandi VBA Project. Jika semua itu tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan layanan online atau melakukan backup file Excel sebelum melindunginya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!