Cara Verifikasi Akun Google Bisnis

Akun Google Bisnis adalah alat yang sangat penting bagi bisnis online dan offline untuk meningkatkan visibilitas mereka di platform Google. Dengan memiliki akun Google Bisnis yang terverifikasi, bisnis Anda dapat muncul di hasil pencarian lokal dan dapat diakses oleh pelanggan potensial dengan lebih mudah. Namun, banyak pemilik bisnis yang masih bingung tentang cara melakukan verifikasi akun Google Bisnis mereka. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara verifikasi akun Google Bisnis dengan mudah dan cepat.

Sebelum kita membahas langkah-langkah cara verifikasi akun Google Bisnis, penting untuk memahami mengapa verifikasi akun ini begitu penting. Verifikasi akun Google Bisnis membantu memastikan bahwa informasi bisnis Anda akurat dan dapat dipercaya. Ini juga membantu Google memverifikasi bahwa bisnis Anda benar-benar ada dan dapat diakses oleh pelanggan. Dengan memiliki akun yang terverifikasi, Anda juga dapat mengakses fitur-fitur tambahan seperti menambahkan jam operasional, mengunggah foto, dan menampilkan ulasan pelanggan.

1. Membuat Akun Google Bisnis

Membuat akun Google Bisnis adalah langkah pertama yang perlu Anda lakukan sebelum dapat memverifikasinya. Anda dapat pergi ke halaman Google Bisnis dan mengikuti langkah-langkah yang diberikan untuk membuat akun baru. Anda akan diminta untuk mengisi informasi seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, dan kategori bisnis Anda. Pastikan Anda memberikan informasi yang akurat dan sesuai dengan bisnis Anda.

Setelah Anda selesai membuat akun, Anda akan menerima surat verifikasi dari Google yang berisi kode verifikasi. Kode ini akan digunakan dalam langkah selanjutnya untuk memverifikasi akun Anda.

2. Verifikasi Melalui Surat Pos

Salah satu cara untuk memverifikasi akun Google Bisnis Anda adalah melalui surat pos. Setelah Anda membuat akun, Google akan mengirimkan surat verifikasi ke alamat bisnis yang Anda berikan. Surat ini biasanya tiba dalam waktu 1-2 minggu. Setelah Anda menerimanya, cukup masukkan kode verifikasi yang ada di dalam surat ke dalam akun Google Bisnis Anda. Setelah kode diinput dengan benar, akun Anda akan diverifikasi.

Penting untuk memastikan bahwa alamat bisnis yang Anda berikan adalah benar dan dapat diakses. Pastikan juga untuk memeriksa kotak surat Anda secara teratur agar Anda tidak melewatkan surat verifikasi dari Google.

3. Verifikasi Melalui Telepon

Jika Anda ingin memverifikasi akun Google Bisnis lebih cepat, Anda juga dapat memilih opsi verifikasi melalui telepon. Setelah Anda membuat akun, pilih opsi “Verifikasi melalui telepon” dan masukkan nomor telepon bisnis Anda. Google akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS atau panggilan telepon ke nomor yang Anda berikan. Masukkan kode tersebut ke dalam akun Google Bisnis Anda untuk menyelesaikan proses verifikasi.

Pastikan nomor telepon yang Anda berikan adalah nomor yang benar dan dapat dihubungi. Pastikan juga untuk memeriksa ponsel Anda agar tidak melewatkan pesan atau panggilan verifikasi dari Google.

4. Verifikasi Melalui Email

Google juga menyediakan opsi verifikasi melalui email jika Anda tidak dapat menerima surat verifikasi atau tidak memiliki nomor telepon yang valid. Setelah Anda membuat akun, pilih opsi “Verifikasi melalui email” dan masukkan alamat email bisnis Anda. Google akan mengirimkan email verifikasi ke alamat yang Anda berikan. Buka email tersebut dan klik tautan verifikasi yang ada di dalamnya. Setelah itu, akun Google Bisnis Anda akan diverifikasi.

Pastikan alamat email yang Anda berikan adalah benar dan dapat diakses. Periksa folder spam atau promosi jika Anda tidak menemukan email verifikasi dari Google di kotak masuk utama Anda.

5. Verifikasi Melalui Integrasi dengan Google Search Console

Jika Anda sudah menggunakan Google Search Console untuk situs web Anda, Anda juga dapat memverifikasi akun Google Bisnis Anda melalui integrasi dengan Google Search Console. Langkah ini memungkinkan Anda memverifikasi akun Google Bisnis dan situs web Anda sekaligus. Untuk melakukannya, buka Google Search Console dan ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menambahkan situs web Anda. Setelah situs web Anda terverifikasi di Google Search Console, akun Google Bisnis Anda juga akan diverifikasi.

Pastikan Anda telah menambahkan situs web Anda ke Google Search Console sebelum mencoba opsi verifikasi ini.

Dalam artikel ini, kami telah membahas lima cara yang berbeda untuk memverifikasi akun Google Bisnis Anda. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi bisnis Anda. Setelah akun Anda diverifikasi, Anda dapat memanfaatkan semua fitur dan manfaat dari Google Bisnis untuk meningkatkan kehadiran online bisnis Anda dan menjangkau lebih banyak pelanggan potensial.

Mari verifikasi akun Google Bisnis Anda sekarang dan mulai memperluas jangkauan bisnis Anda!