Cara Membuka File Excel yang Lupa Password

File Excel telah menjadi alat yang sangat penting dalam dunia bisnis dan pekerjaan. Dengan menggunakan Excel, kita dapat menyimpan dan mengelola data dengan mudah. Namun, terkadang kita dapat lupa password yang kita gunakan untuk mengunci file Excel kita. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan langkah-langkah detail tentang bagaimana cara membuka file Excel yang lupa password.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa metode yang akan kami bagikan hanya berlaku untuk file Excel yang Anda miliki dan Anda telah lupa passwordnya. Jika Anda mencoba membuka file Excel yang bukan milik Anda tanpa izin, itu adalah pelanggaran privasi dan dapat melanggar hukum. Sekarang, mari kita mulai membahas cara membuka file Excel yang lupa password.

1. Menggunakan Password Recovery

Metode pertama yang dapat Anda coba adalah menggunakan perangkat lunak pemulihan kata sandi. Ada banyak alat pemulihan kata sandi yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda membuka file Excel yang terkunci. Beberapa alat ini gratis, sementara yang lain mungkin memerlukan pembayaran untuk versi lengkapnya. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda ikuti saat menggunakan alat pemulihan kata sandi:

Pertama, unduh dan instal perangkat lunak pemulihan kata sandi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Setelah diinstal, jalankan program tersebut dan pilih file Excel yang ingin Anda buka. Kemudian, pilih metode pemulihan yang ingin Anda gunakan, seperti serangan kamus, serangan brute force, atau serangan dengan menggunakan kombinasi karakter yang mungkin digunakan sebagai kata sandi. Setelah Anda memilih metode yang tepat, klik tombol “Mulai” atau “Pemulihan” dan biarkan program bekerja. Jika kata sandi berhasil ditemukan, program akan memberi tahu Anda dan Anda akan dapat membuka file Excel yang terkunci.

2. Menggunakan Fitur “Lupa Password”

Excel juga menyediakan fitur bawaan yang dapat membantu Anda membuka file yang terkunci jika Anda lupa passwordnya. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda menggunakan fitur ini:

Pertama, buka file Excel yang terkunci dan masukkan password yang salah. Setelah beberapa kali mencoba, Excel akan menampilkan pesan kesalahan yang berisi tautan “Lupa password?”. Klik tautan ini dan akan membawa Anda ke halaman pemulihan kata sandi. Di halaman ini, Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email yang terkait dengan akun Microsoft Anda. Jika Anda telah menghubungkan akun Microsoft dengan Excel, Anda akan menerima email dengan tautan untuk mengatur ulang password Anda. Ikuti tautan tersebut dan atur ulang password Anda. Setelah Anda mengatur ulang password, Anda akan dapat membuka file Excel yang terkunci dengan password baru.

3. Menggunakan VBA Macro

Metode lain yang dapat Anda coba adalah menggunakan VBA Macro. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda menggunakan VBA Macro untuk membuka file Excel yang lupa password:

Pertama, buka file Excel yang terkunci dan tekan kombinasi tombol “Alt + F11” untuk membuka Editor VBA. Di Editor VBA, klik dua kali pada nama file Excel di panel kiri untuk membuka modul kode. Di modul kode, salin dan tempelkan skrip berikut:

“`Sub PasswordBreaker()Dim i As Integer, j As Integer, k As IntegerDim l As Integer, m As Integer, n As IntegerDim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As IntegerDim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As IntegerOn Error Resume NextFor i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) & _Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)If ActiveSheet.ProtectContents = False ThenMsgBox “Kata sandi telah ditemukan: ” & Chr(i) & Chr(j) & _Chr(k) & Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & _Chr(i3) & Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)Exit SubEnd IfNext: Next: Next: Next: Next: NextNext: Next: Next: Next: Next: NextEnd Sub“`

Setelah Anda menyalin skrip di atas, tutup Editor VBA dan tekan tombol “Alt + Q” untuk kembali ke file Excel. Buka tab “Developer” di pita Excel dan klik tombol “Macro”. Di jendela “Macro”, pilih “PasswordBreaker” dan klik tombol “Jalankan”. Skrip VBA Macro akan mulai mencoba kombinasi kata sandi untuk membuka file Excel. Jika kata sandi berhasil ditemukan, Anda akan menerima pesan yang memberi tahu Anda kata sandi tersebut.

4. Menghubungi Pembuat File

Jika semua metode di atas gagal, Anda masih memiliki opsi terakhir, yaitu menghubungi pembuat file Excel yang terkunci. Jika file Excel tersebut dibuat oleh seseorang yang Anda kenal atau merupakan bagian dari proyek di tempat kerja, Anda dapat menghubungi mereka dan meminta kata sandi atau bantuan untuk membuka file. Namun, penting untuk diingat bahwa ini adalah opsi terakhir dan harus digunakan dengan bijaksana.

5. Membuat Salinan Baru

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau tidak memungkinkan bagi Anda, Anda masih dapat membuat salinan baru dari file Excel yang terkunci. Buatlah salinan file Excel tersebut dan berikan nama file yang berbeda. Salinan baru ini tidak akan terkunci dengan kata sandi dan Anda akan dapat mengakses data yang ada di dalamnya. Namun, penting untuk diingat bahwa ini hanya akan memberikan akses ke data dan formula, bukan kata sandi yang terkunci di file asli.

Dalam artikel ini, kami telah memberikan beberapa metode yang dapat Anda coba untuk membuka file Excel yang lupa password. Penting untuk diingat bahwa menggunakan metode ini hanya diperbolehkan untuk file Excel yang Anda miliki dan Anda telah lupa passwordnya. Selalu penting untuk mengamankan file Excel Anda dengan password yang kuat dan mudah diingat agar menghindari masalah ini di masa depan.